Crown Shyness, Fenomena Alam Yang Membuat Pohon Tak Bersentuhan

Semua orang pasti tahu apa arti penting pohon bagi dunia dan bagi kehidupan kita, akan tetapi berapa banyak orang yang sadar apa sih sebenarnya arti pohon bagi kehidupan kita? Bahkan masih banyak dari mereka yang sungkar menebang dan membakar pohon yang berada dihutan-hutan.

Selain memiliki manfaat akan kehidupan mahkluk dibumi, pohon ternyata memiliki seni yang luar biasa. Ia menampilkan sebuah gambaran yang begitu memukau, bahkan para peneliti begitu terpukau akan fenomena alam yang satu ini.

Aneh Ujung Pohon Tidak Bersentuhan

Pohon adalah tumbuhan yang batangnya berkayu dan bercabang. Batang pohon utama berdiri dan berukuran lebih besari dibanding cabang-cabangnya. Banyak sih tumbuhan yang berdaun, namun tidak termasuk ke dalam kategori pohon. Ada juga tumbuhan berbatang kayu tapi tidak meninggi, malah cenderung menyebar menutupi tanah.

pohon1

Pernahkah kamu berteduh atau sedang menunggu seseorang di bawah pepohonan yang rindang? Melihat ke arah atas untuk sekedar menikmati dedaunan? Mungkin apabila kamu tinggal di kota besar mungkin saja jarang ataupun tidak pernah melihat dikarenakan minimnya pohon rindang di perkotaan. Akan tetapi di kota kecil, pedesaan pasti masih ada tempat yang seperti itu. Apabila beruntung, kamu bakal menemukan sebuah fenomena alam ketika pohon-pohon tersebut tidak bersentuhan.

Seperti apa bentuknya? Adakah yang tahu? Apa mungkin kamu nggak tahu akan hal ini? Nah kamu bisa lihat beberapa gambar yang menunjukan bahwa ujung pohon tak pernah bersentuhan.

Sungguh keagungan tuhan

a

Dan nikmat Tuhan Yang mana lagi yang kamu dustai?

b

Yah, banyak mereka yang enggan menikmati keindahan alam seperti ini.

c

Seperti tak bersahabat saja ya guys, mereka enggan untuk bersentuhan. Apa mereka lagi bertengkar ya? Pastinya mereka tidak lagi bertengkar atau malu untuk bersentuhan. Crown Shyness atau pelepasan kanopi merupakan fenomena alam yang misterius.

Hal ini terjadi di mana mahkota beberapa jenis pohon tidak saling bersentuhan, tapi dipisahkan oleh celah yang terlihat sangat jelas dari permukaan tanah. Efeknya biasanya terjadi di antara pohon-pohon dari spesies yang sama, tapi telah diamati terjadi pula dengan pohon-pohon dari spesies yang berbeda. Fenomena pelepasan mahkota ini pertama kali didokumentasikan selama tahun 1920an, tapi para peneliti belum dapat mengetahui penyebab dari fenomena tersebut.

Ilmuwan Begitu Bingung

pene

Kok bisa? Yah bisa dong, bahkan ada hal-hal yang tidak bisa dipecahkan begitu saja. Bahkan dia seorang ilmuan sekalipun dan mungkin harus memakan waktu yang lama untuk mengungkap fenomena ini. Ada banyak teori yang beredar di kalangan ilmiah, yang sebagian besar masuk akal.

Namun tidak ada yang bisa membuktikan mengapa beberapa pohon bisa tidak saling bersentuhan. Fenomena pohon tersebut terjadi di seluruh dunia lho, tapi tidak semua pohon mengalami sindrom tersebut. Menurut laporan Zmescience, pohon kapur, pinus, ekaliputs, tembakau, dan juga pohon yang sering dibuat menjadi bonsai merupakan beberapa pohon yang sering mengalami sindrom ini.

ae

Para ahli sampai detik ini pun belum menemukan penjelasan ilmiah mengenai fenomena aneh ini, Akan tetapi ada beberapa teori yang sudah dibuat untuk hipotesa dari fenomena itu yakni;

  • Pertama, dikarenakan bentuk pohon yang tinggi biasanya tumbuh di dataran tinggi. Maka fenomena ini menghindari dahan pohon saling nyangkut ketika ada angin.
  • Kedua, dikarenakan daun pada ujung pohon sensitif terhadap cayaha matahari.

Dan adapun dari beberapa ahli yang mengatakan mengenai tentang kejadian alam ini, salah satunya yakni. Ahli hutan asal Australia, M.R. Jacobs menulis bahwa tiap pohon tumbuh sensitif terhadap abrasi, yang berakibat dengan kesenjangan kanopi atau Crown Shyness. Namun beberapa ilmuwan mengatakan bahwa Crown Shyness merupakan pertahanan alami pohon dari penyabaran serangga pemakan daun.

ad

Seorang ilmuwan Malaysia mengatakan bahwa pohon yang tumbuh peka terhadap tingkat cahaya dan berhenti tumbuh jika mereka terlalu dekat dengan pohon lainnya. Hal ini karena tanaman dapat mendeteksi frekuensi cahaya tertentu. Namun teori-teori tersebut masih diselimuti dengan keraguan dalam penjelasannya. Karena belum jelas akan hasil yang didapat, sungguh hal yang sangat membingungkan da sulit untuk dipecahkan.

Namun ada hal yang begitu menarik banyak perhatian orang, bukan karena hasil penelitian atau penasaran akan kejadian ini. Melainkan keindahan yang terlihat, fenomena ini menciptakan sebuah karya seni alami yang mengagumkan.

Adakah disamping atau bahkan dihalaman rumahmu pohon? Nah coba kamu lihat apakah sama, bahwa ujungnya tak bersentuhan? Dengan begitu kamu dapat secara langsung melihat fenomena yang indah ini dihalaman atau lingkungan sekitar. Maka dari itu pohon memiliki manfaat dan keindahan yang begitu dalam. Untuk itu demikianlah artikel pada hari ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali guys.