Nikmati Liburan Akhir Tahun Anda Di Sebuah Hotel Terdalam Swedia

Pernakah anda membayangkan untuk menghabiskan liburan di sebuah hotel tapi tidak memiliki jendela dan pemandangan sama sekali? Saat berlibur, menginap dalam sebuah hotel dengan pemandangan menakjubkan menjadi sebuah keharusan. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, penginapan juga berfungsi mengistirahatkan pikiran yang lelah. Umumnya, hotel berdinding tembok dan berlantai keramik malah terasa membosankan.

Nah, hotel yang satu ini tidak akan membuatmu bosan karena desainnya yang lain daripada lain. Menginap dalam hotel dengan kedalaman tanah tentu akan memberikan sensasi yang berbeda saat liburan. Hotel itu adalah Sala Silvermine, yang berlokasi di Vastmanland County, Swedia. Hotel ini merupakan hotel terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 500 kaki di bawah tanah. Jika anda adalah orang yang senag akan tempat-tempat unik dan menarik, mungkin tempat ini cocok untuk menghabiskan liburan akhir tahun anda.

Hotel di Swedia ini diberi julukan sebagai hotel terdalam di dunia. Ini karena hotel tersebut terletak di sebuah tambang perak tua. Selama 4 abad, Sala Silver Mine menjadi salah satu tambang penghasil logam mulia. Namun setelah terjadi pemogokan pada tahun 1908, tambang ini tak lagi digunakan. Malahan, tambang ini kemudian menjadi salah satu tujuan wisata yang populer.

Tambang ini memiliki terowongan sepanjang 20 kilometer. Diberi nama seperti tambangnya, Hotel Sala Silver Mine terletak 155 meter di dalam tanah, ini karena sepertiga tambang berada di bawah permukaan tanah. Pengalaman menginap di hotel ini pun dimulai. Adapun sajian yang akan diberikan kepada anda berupa anggur, keju, cokelat, dan biskuit. Setelahnya, Anda akan diberikan kesempatan merasakan tempat pembaringan yang diterangi cahaya lilin di dalam salah satu sudut tambang.

Ketika anda datang ke hotel ini, anda akan disambut oleh resepsionis untuk diberikan pengarahan dan petunjuk mengenai seluruh ruang yang ada dalam hotel tersebut sebelum akhirnya ditinggal sendirian saat malam. Namun jangan khawatir, seorang staff akan tetap berjaga lengkap dengan alat komunikasi selama anda tinggal di bawah. Dan karena berada jauh di bawah tanah, komunikasi anda dengan sahabat, kolega ataupun keluarga tentunya akan terputus karena ponsel yang anda bawa tidak akan berfungsi sama sekali.

Dinding batu itu memiliki kursi mewah dan tempat tidur yang sangat nyaman. Tak lupa, ada kamar mandi tepat di luar pintu. Kamar hotel dapat diakses dengan menggunakan lift khusus yang dapat membawa tamu ke dalam tanah dalam hitungan detik. Kamar bergaya minimalis ini dilengkapi dengan tempat tidur berukuran besar, dengan perabotan yang terbuat dari perak, dan sampanye.

Harga Hotel Per-malamnya

Dilansir dari Daily Mail, hotel unik ini mematok tarif 380 Euro atau sekitar Rp 5,6 juta per malamnya. Berada di kedalaman tanah, tentu saja di tempat ini tidak ada sinyal telepon. Satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan dunia luar adalah menggunakan jaringan pribadi yang terhubung langsung dengan resepsionis. Untuk bermalam di penginapan ini, tamu diharuskan membawa baju dan jaket tebal dikarenakan suhu udara yang dapat mencapai 2 derajat celcius saat malam hari.

Konon 400 tahun yang lalu tempat ini merupakan gua yang memproduksi perak terbesar dan terbanyak. Untuk itu, pengelola memanfaatkan lilin untuk memberikan temperatur yang hangat dalam ruangan. “Perak dapat terasa sangat dingin ataupun sebaliknya, hangat, tergantung pada terang atau tidaknya ruangan,” kata Sofie Andersson, Direktur Marketing Hotel Sala Silvermine, dikutip dari Daily Mail.

Di pagi hari, Anda akan disajikan sarapan pagi lalu dibawa kembali ke lantai paling atas untuk mandi dengan pancuran. Bagi mereka yang menyukai petualangan, Anda dapat mencoba menyelam di kolam bawah tanah. Anda akan merasakan berenang di terowongan gelap gulita dengan penerangan hanya dari lampu di helm Anda. Namun, Anda harus mengenakan pakaian renang yang tebal karena airnya yang amat dingin, dengan suhu 1,5 derajat Selsius.

Fasilitas yang Dimiliki

Namun bila Anda tak menyukai menyelam di kolam bawah tanah, Anda bisa mencoba rasakan tur di pertambangan tersebut. Anda akan diajak melihat langsung pertambangan perak, jalur tali, dan berburu harta karun. Tapi bila Anda merasa sesak karena selalu berada di bawah tanah, mereka juga menawarkan wisata di atas tanah. Tersedia pub dan restoran di atas untuk mereka yang tak terlalu menyukai kegelapan di bawah tanah.

Jika anda ingin membuang hajat, pihak hotel telah menyediakan sebuah toilet yang terletak di kedalaman 50 meter. Namun jika anda ingin mandi, anda harus kembali ke permukaan karena pihak hotel hanya mengediakan fasilitas tersebut di sana. Untuk merasakan sensasi eksotis menginap di hotel ini, pihak Sala Silvermine mengenakan biaya sebesar USD 580 untuk semalam, itu pun lengkap dengan jamuan makan malam. Namun satu hal yang pasti bahwa hotel ini tentu tidak cocok jika pasangan anda mengidap Claustrophobia.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjungi hotel yang satu ini? Jika anda ingin menambah pengalaman anda, mungkin tempat liburan yang satu ini cocok untuk anda kunjungi. Semoga info ini bermanfaat untuk anda dan semoga liburan akhir tahun anda menyenangkan.