Bunga Bakung Gunung, Indah Tapi Sangat Berbahaya

Bunga merupakan bagian terpenting dari suatu tumbuhan karena dengan adanya bunga akan membantu proses perkembangbiakan (reproduksi) suatu tanaman. Bunga biasanya muncul pada jenis tanaman yang berbunga. Bunga merupakan modifikasi suatu tunas (batang dan daun) yang bentuk, warna dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan. Oleh karena itu, bunga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan yang akhirnya dapat dihasilkan alat-alat perkembangbiakan.

Mengingat pentingnya bunga bagi tumbuhan, maka pada bunga terdapat sifat-sifat yang merupakan penyesuaian untuk melaksanakan fungsinya sebagai penghasil alat perkembangbiakan. Pada umumnya bunga mempunyai warna menarik, berbau harum, bentuknya bermacam-macam dan biasanya mengandung madu.

Fungsi Bunga

lyli3-300x300Sebagai tempat terjadinya proses reproduksi (perkembangbiakan) secara generatif (alami) dengan bantuan penyerbukan dan juga melalui pembuahan. Fungsi bunga lainnya secara umum adalah sebagai pemikat hewan atau serangga lain untuk membantu proses penyerbukan. Hal ini didasari dari beberapa bunga yang memiliki warna yang cerah. Dan inilah bagian-bagian yang terdapat di bunga yakni :

  • Tangkai bunga
  • Dasar bunga
  • Hiasan bunga yang tardiri dari kelopak dan mahkota bunga
  • Alat kelamin jantan dan betina yang berupa putik dan benang sari

Tahukah kamu bahwa begitu banyak macam bunga yang ada di seluruh dunia. Pastinya bunga tersebut memiliki warna dan bau yang begitu harum. Namun tahukah kamu bahwa indah tak selalu aman. Bahkan ada bunga yang mengandung racun berbahaya. Untuk itu mari kita bahas mengenai sih cantik Lily Of The Valley atau bunga bakung gunung yang mengandung racun di dalamnya.

Bunga Bakung Gunung

Dalam bahasa ilmiah, bunga ini disebut dengan Convallaria Majalis. Bunga ini dapat dijumpai dibeberapa wilayah di Asia dan Eropa. Bentuknya sangat mungil, mirip seperti sebuah lonceng terbalik berwarna putih. Bagi masyarakat Eropa, bunga ini dianggap sebagai lambang dari cinta suci, kesetiaan dan ketulusan. Bahkan seorang Kate Middleton memakai bunga ini sebagai bunga pengantin di acara pernikahannya. Yah, siapa yang tak jatuh hati bila melihat bunga yang satu ini.

lyli1-241x300Lily of the Valley atau bunga bakung gunung ini termasuk salah satu yang paling indah dalam keluarga Lily. Bunga-bunganya biasanya berwarna putih walaupun kadang ada juga yang berwarna putih kemerah-mudaan. Pada bulan September bunga ini mengeluarkan buah berry manis di bagian petalnya yang berdiameter 5-7 mm.

Banyak sekali arti dari bunga ini, selain memiliki arti kesucian, bunga lily of the valley ini juga diberi arti sebagai lambang kesederhanaan, pesona keindahan, pesona kerendahan hati dan kemurnian. Maka dari itu bunga lily of the valley ini sering di temukan di dalam penataan di pesta-pesta pernikahan. Bunga lily of the valley sering disebut juga ‘Mei Lily‘. Karena bunga lily of the valley ini pada umumnya tumbuh ini bulan Mei, maka bunga ini dijadikan simbol kelahiran bulan Mei, sama seperti bunga lain yang menjadi simbol bulan Mei yaitu batu Zamrud atau Emerald. Eitss, jangan terkecoh dan kagum dulu, bunga yang satu ini ternyata mengandung racun.

Si Cantik Yang Beracun

lilyi-240x300Siapa sangka dibalik keindahan dan segala gambaran baik yang tersemat padanya, bunga cantik ini ternyata mematikan. Bunga cantik ini mengandung racun glikosida, yang terdapat pada hampir seluruh bagian tanaman ini termasuk pada buahnya. Racun yang terkandung di dalamnya jika tertelan dapat menyebabkan kerusakan sistem peredaran darah, merusak pencernaan dan sebagainya.

Dosis kecil dapat menyebabkan muntah, diare, mual dan sakit perut. Sedangkan dalam dosis besar, racun di dalam Lily of the valley bisa menyebabkan kematian. Sungguh mengerikan bukan, walau terlihat indah namun bunga ini belum tentu aman. Bagi kamu yang mencintai tanaman yang satu ini, nggak ada salahnya bila ingin menanam bunga ini di area halaman rumah kamu, namun ada cara yang harus kamu ikuti agar keluarga dan yang lain terhindar dari racunnya tersebut.

lyli4-229x300Tanaman Lily of the Valley dikembangkan dengan pemisahan umbi atau tunasnya. Pisahkanlah umbi tanaman segera setelah selesai berbunga dan mulai berguguran. Tanaman ini membutuhkan media/tanah yang tetap lembab tetapi tidak tergenang dan becek. Apabila tanah terlalu subur dan lembab serta kurang terkena matahari akan mengakibatkan tanaman menjadi berkembang secara agresif. Keadaan ini membutuhkan penanganan dengan pembatasan dan menggalinya untuk mengurangi kemungkinan tanaman ini menyeran tanaman yang kurang agresif. Ini tips nya agar tanaman tidak disentuh oleh siapapun.

  • Jangan sekali-kali mencoba mencicipi bunganya, walaupun hanya sedikit
  • Tanam di tempat yang jauh dari jangkuan anak-anak
  • Beritahukan kepada seluruh keluarga di rumah untuk tidak memainkan bunga Lily of the Valley di mulut, apalagi memakan bunganya
  • Letakkan dengan tanaman hias yang jarang didekati orang-orang awam, misalnya kaktus

Nah, pastinya kamu nggak nyangka kan bahwa bunga secantik itu mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan pada tubuh manusia. Dan ada baiknya jika kamu hendak menanam tanaman yang satu ini, hendaklah mengikuti tips yang ada diatas. Agar seseorang tak terserang racun yang terdapat pada bunga indah ini.