Bukan Hawa, Namun Inilah Istri Pertama Adam

Benarkah ada sosok wanita lain yang bersama Adam, selain Hawa? Yah pasti bagi kamu yang beragama Islam dan Kristen sudah taukah bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama. Namun siapakah sosok wanita yang kerap ramai diperbincangkan sebagai istri pertama dari adam?

Lilith

Adalah wanita pertama Adam menurut versi Talmud Yahudi. Dikisahkan bahwa Lilith meninggalkan Adam karena dia tidak mau tunduk padanya. Lilith adalah seorang wanita yang jahat yang berzinah dengan Setan dan menghasilkan makhluk yang jahat. Namun apa bukti dari keberadaan lilith? Wahai orang yang beriman kamu tak khawatir akan hal tersebut, namun dibawah ini terdapat beberapa bukti. Dan kamu bisa melihatnya, apakah bener bukti tersebut.

lilith

Bukti Alkitab yang dipakai

Bukti pertama yang digunakan untuk Lilith adalah bukti Penciptaan yang berbeda dalam Kejadian pasal 1-2. Menurut orang yang mendukung eksisnya Lilith, wanita dalam Kejadian 1 adalah Lilith. Berbeda dengan wanita dalam Kejadian 2 yaitu Hawa. Ini benar-benar menggelikan.

Sebaliknya, Kejadian pasal 2 adalah “melihat lebih dekat” pada penciptaan Adam dan Hawa sebagaimana dicatat dalam Kejadian pasal 1. Alkitab secara khusus mengatakan bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama yang diciptakan Tuhan (Kejadian 1:26-28; 2:18-25).

Bukti kedua yang sering dipakai untuk menunjukkan bukti adanya Lilith adalah Yesaya 34:14, yang dalam NRSV berbunyi, “di sana juga Lilith akan beristirahat’. Tapi beberapa terjemahan utama tidak menterjemahkan demikian. Versi KJV menterjemahkan sebagai “The screech owl” atau “burung hantu memekik.” Ada pula yang menterjemahkan, ‘makhluk malam’.

Dalam Alkitab versi LAI diterjemahkan “hantu malam”. Andai kata terjemahan “setan rakasa bernama Lilith” adalah terjemahan yang tepat dari kata Ibrani, bagian untuk Adam bahkan tidak dijelaskan di dalam bagian ini atau konteksnya. Apapun bentuk Lilith ini, tidak ada kaitan apapun dengan Adam atau Penciptaan.

Eberhard Schrader (1875) dan Moritz Abraham Levy (1885) menunjukkan bahwa Lilith adalah dewi malam yang dikenal juga oleh orang-orang buangan Yahudi di Babel. Namun, pandangan ini disanggah oleh beberapa penelitian modern seperti oleh Judit M. Blair (2009) yang menganggap bahwa konteks menunjukkan binatang haram. Yesaya sebelumnya menyebut tentang hewan yang najis misalnya anjing hutan di pasal 34 ayat 16 dan sesudahnya menyebut tentang ular.

Jadi Siapakah Lilith Sebenarnya? Dan apakah bener bukan Hawa yang pertama menjadi istri Adam? Dalam teks abad pertengahan Alphabet Of Sirach ( Alphabet Of ben Sirach, 700 SM s/D 1000 SM). Lilith pada saat itu diciptakan setara dengan Adam, sama-sama berasal dari tanah dan bukan dari tulang rusuk, nah hal ini lah yang membuat Lilith enggan menuruti perintah Adam dan merasa bahwa apa yang dia lakukan selalu benar dan tak mau mendengarkan Adam.

soosk-roh-jahat

Terjadi sebuah pertengakaran antara Adam dan Lilith yang pada saat itu posisinya sedang hamil muda. Lilith pun akhirnya pergi dari surga dan tinggal dilaut merah. Adam yang sudah ia tingalkan dan merasa kesepian akhirnya mengeluh kepada Tuhan tentang apa yang telah dilakukan oleh Lilith. Ia berkatah ‘yang maha kudus, pengusaha alam semesta wanita yang kau berikan kepadaku kini telah melarikan diri dariku.

Menolak Kembali Ke Surga

Dan pada akhirnya Tuhan mengirimkan 3 Malaikatnya untuk membujuk Lilith kembali kesurga dan menemani Adam disana. Namun apa yang terjadi? Sebuah penolakan, Lilith enggan untuk kembali kesana. Para malaikat itupun murka dan mengancam bahwa mereka akan membunuh anak-anaknya.

Dan Lilith menjawab dengan berakata ‘bahwa aku adalah pencabut nyawa para anak-anak manusia. Untuk bayi laki-laki aku berkuasa atas hidupnya selama 8 hari dan setiap anak perempuan yang lahir aku berkuasa atas dirinya selama 20 hari.

iblis

Nah ketika kalian berniat membunuh anak-anakku silahkan saja, malah itu akan mengurangi bebanku. Itulah sebabnya pada masa itu bangsa yahudi mensunat anaknya laki-laki ketika mereka genap berumur 8 hari. Karena seperti yang diucap Lilith roh jahatnya akan menghantui anak-anak yang baru lahir.

Hanya Mahluk Mitologi

mitologi

Nah guys, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa manusia yang pertama kali diciptakan adalah Adam dan Hawa dan perlu kamu tahu, bahwa Lilith adalah kepercayaan sosok mahluk gelap yang pada saat itu dikatakan sebagai pengoda atau seorang penyihir. Dan mahluk mitologi ini digambarkan dengan sosok wanita yang begitu cantik (sejenis peri, roh alam dan bidadari).

Namun ia memiliki kekuatan yang buruk bagi banyak orang. Nah kembali meninjau nih guys bahwa latar belakang waktu pemunculan Lilith di yaitu awal abad pertengahan maka bisa dikatakan bahwa Lilith adalah produk kepercayaan dari mistik Yahudi yang dipengaruhi secara kuat oleh kepercayaan tahayul pada masa itu. Jadi Lilith bukanlah istri pertama dari Adam. Ia hanya sebatas Legendan dan mitos pada masa itu, yang menggambarkan sosok wanita dengan perilaku tidak baik.

patung

Nah bisa kita simpulkan bahwa mereka yang menerima keberadaan Lilith adalah sosok pendosa. Mengapa dikatakan sosok Pendosa? Dalam ALkitab berarti memasukkan unsur mitos ke dalam Alkitab dan membuat Alkitab berisi kisah-kisah mitos, ini namanya eisegese. Lebih tidak masuk akal lagi bila membangun theologi dengan dasar mitos alias tahayul bin mistik.

Bukan hanya mencampuradukkan antara Alkitab dengan mitos. Menerima Lilith sebagai istri Adam berarti menyangsikan apa yang dikatakan Alkitab tentang Penciptaan. Alkitab tidak menyebut sama sekali tentang Lilith dan eksistensinya dalam Alkitab terutama Penciptaan hanyalah kisah rekaan alias rekayasa manusia belaka.

Gimana guys, jangan terlalu serius banget dong bacanya. Santai aja kali dan sudah tahukan bahwa sosok Lilith hanya gambaran akan roh pengganggu dan sosok wanita cantik yang memilki kekuatan jahat. Maka dari itu sekian sudah artikel hari ini selamat membaca dan selamat beraktivitas guys.