Berpuasa? Berbukalah Dengan Menu Yang Manis

Di antara amalan sunah pada saat puasa ialah menyegerakan berbuka. Anjuran buka puasa merupakan bentuk kemudahan dan keseimbangan agama Islam. Hal ini sesuai dengan karakter Islam yang tidak suka beragama secara berlebih-lebihan. Islam sudah memberi rambu-rambu dalam beribadah. Tujuan pembuatan rambu-rambu tersebut agar manusia beribadah sesuai dengan kemampuannya. Karena Tuhan adalah pencipta manusia, otomatis Dia Maha Tahu apa yang pantas bagi ciptaan-Nya. Selain menyegerakan berbuka, Nabi Saw menganjurkan pula untuk mengkonsumsi menu tertentu pada saat buka puasa.

Ada dua menu buka puasa yang dianjurkan Nabi Muhammad Saw, yaitu kurma dan air putih. Kedua menu ini juga biasa beliau konsumsi pada saat buka puasa. Dalam Mir’atul Mafatih, al-Mubarakfuri menjelaskan bahwa kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka. Ia termasuk makanan pokok yang dapat menguatkan tubuh, terutama menyegarkan mata, setelah puasa seharian. Demikian pula dengan air putih, ia suci dan bersih serta sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya.

Penjelasan al-Mubarakfuri ini sejalan dengan penelitian kesehatan modern. Setelah diteliti, zat yang paling dibutuhkan tubuh pada saat puasa ialah glukosa. Diantara makanan yang mengandung zat ini adalah kurma. Makanya kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka. Bila tidak ada kurma, konsumsilah makanan lain yang juga mengandung glukosa atau cukup diawali dengan minum segelas air.

Berbuka Dengan Menu Yang Manis

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sudah ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Pada bulan tersebut di dalamnya terdapat rahmat berlimpah, terdapat berbagai keceriaan dan kebahagiaan. Salah satu hal menarik yang ada di bulan ini adalah adanya makanan khas bulan Ramadhan. Hal itu tentunya membuat puasa kita semakin menyenangkan. Nah, adapun menu buka puasa yang sering dianjurkan yaitu berbukalah dengan yang manis-manis. Berikut adalah makanan tersebut:

1. Buah Kurma

kurma-300x300

Yah, seperti yang dijelaskan diatas bahwa kurma adalah makanan yang begitu dianjurkan pada saat menjelang buka puasa. Sudah tak diragukan lagi untuk buah yang satu ini pasti bakalan meledak di pasaran. Beberapa hari sebelum puasa, buah kurma sudah tampak memenuhi pasar. Bahkan beberapa pedagang memanfaatkan momen ini dengan menyajikan buah kurma dengan merek tertentu agar harganya lebih mahal. Untuk itulah ada baiknya kamu menyediakan buah kurma pada saat berbuka puasa agar tubuh tetap terjaga.

2. Kolak

kolak-2-300x225

Pada umumnya kolak berisi labu, ubi, pisang dan kolang-kaling. Pilih kolak dengan isi yang lembut dan tidak keras supaya mudah dicerna. Tidak perlu khawatir dengan kandungan santan yang terdapat dalam kolak karena santan yang tercampur dalam kolak biasanya encer sehingga cenderung aman di lambung.

3. Es Bleweh

es-1-248x300Minuman khas Ramadhan yang sangat menyegarkan salah satunya adalah es blewah. Minuman ini sering dijadikan minuman segar yang dibuat oleh para keluarga ketika puasa. Es blewah merupakan perpaduan antara air, es, buah blewah dan pemanis bisa berupa sirup, sehingga membuat minuman ini terasa segar dan manis. Tidak hanya segar, ia juga menyehatkan karena terdapat nutrisi, mineral kalium dan provitamin A di dalamnya. Jadi nggak usah yang berlebihan banget, yang seperti ini aja udah pas banget.

4. Teh Manis

teh-hangat-300x230

Sangat dianjurkan untuk meminum sesuatu yang hangat misalnya teh manis hangat. Minuman dingin bisa membuat perut cepat kenyang sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa. Selain itu air atau makanan yang terlalu dingin bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh.

5. Yoghurt

yoghurt

Produk susu olahan ini dapat diandalkan sebagai menu untuk berbuka karena bernutrisi dan mengenyangkan. Dibandingkan dengan sirup, yoghurt lebih kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin. Selain itu yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan sehingga kamu bisa tetap sehat dan nyaman selama puasa.

Sebagian dari kamu mungkin ragu untuk mengkonsumsi yoghurt untuk berbuka karena rasanya yang asam ditakutkan akan menimbulkan maag atau sakit perut. Namun pakar gizi Dr Marya W. Haryono MGIZI, SpGk mengatakan jika yoghurt memiliki pH berkisar antara 4-5 yang masih bisa ditolerir perut. Yoghurt juga pantas dijadikan asupan berbuka karena bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Misalnya dijadikan campuran buah potong sehingga semakin menyegarkan dan mengenyangkan.

Setelah seharian berpuasa, tubuh harus segera mendapatkan asupan energi agar cepat mendapatkan tenaga kembali. Makanan atau minuman yang dikonsumsi sebaiknya bisa melepaskan energi dengan segera, salah satunya dengan karbohidrat sederhana atau gula. Makanan atau minuman manis bisa menaikkan gula darah lebih cepat dan cenderung bersahabat bagi lambung. Namun konsumsinya juga perlu dibatasi karena jika terlalu berlebihan, justru lemas dan perut tidak nyaman.

Nah, benerkan? Ada baiknya berbuka puasa dengan mencicipi makanan yang manis-manis. Agar lambung kamu tidak mengalami kerusakan. Untuk itu ada baiknya untuk makan secukupnya seperti ajuran nabi, makanlah sebelum laper dan berhentilah sebelum kenyang. Gimana guys cocok kan, jangan lupa untuk mengikuti saran yang ada diatas ya guys.