Tanpa Pilot, Pesawat C-17 Ini Jalan Sendiri

Pernahkah kamu menaiki sebuah pesawat terbang? Bagaimana perasaan kamu ketika hendak menaikinya? Dan apa yang ada dibenakmu ketika berada di dalam pesawat yang akan meluncur bebas ke udara? Nah, sebagian orang mungkin akan merasa cemas dan gugup bila berada didalamnya. Atau bahkan ada yang sama sekali tak berani menaikinya karena trauma akan berita jatuhnya sebuah pesawat. Namun ada juga nih yang begitu santai dan menganggap pesawat sebagai alat transportasi biasa.

Bicarain mengenai alat transportasi satu ini, adakah dari kamu yang mengerti definisi dari Pesawat? Pesawat udara adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer karena gaya angkat dari reaksi udara, tetapi bukan karena reaksi udara terhadap permukaan bumi yang digunakan untuk penerbangan. Dan pasti juga tahukan, bahwa pesawat terbang ini tak terbang dengan sendirinya atau bahkan hanya dikontrol dari remot saja. Melainkan ada seorang Pilot didalamnya.

C-17

Yah, seorang Pilot ialah sebutan untuk orang yang mengemudikan atau mengawaki pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Jadi bukan sembarangan orang yang bisa membawa pesawat ini, yah kali kalau seseorang belum terlatih yang ada, kamu dan kamu bisa metong (meninggal) dong hehehe.

Kamu bisa bayangkan bukan? Tugas dari seorang pilot sangat menantang dan pastinya harus siap menerima apapun yang terjadi padanya. Karena seperti yang kamu tahu, setiap alat transportasi darat, laut atau bahkan udara sekalipun memiliki resiko saat membawa atau mengemudikannya.

So, adakah dari kamu yang menginginkan profesi ini? Pasti banyak ya? Yah kali profesi pilot kan sama halnya dengan seorang prajurit yakni, TNI. Mereka bener-bener setia dan rela mengorbankan nyawanya demi orang lain. Duh kayak abang itu, yang rela ngorbanin apapun demi aku. hehehe…

Namun ada yang lebih keren nih guys, pesawat yang satu ini bisa jalan sendiri tanpa harus dikemudikan oleh pilot. Nggak percaya? Yah pasti kamu nggak bakalan nyangka kalau ada orang yang kuat seperti ini, penasarankan apa itu? Yuk, mari kita simak langsung aja ya guys.

Pria Ini Sukses Pecahkan Rekor Dunia

grant-edwards-data

Pernahkah kamu mendengar bahwa ada sosok manusia yang mampu menarik ataupun mengangkat benda-benda yang beratnya tak terhitung? Mungkin pernah dan itu dilakukan oleh sosok Pesulap atau bahkan mereka yang memiliki ilmu ghaib. Namun beda halnya dengan pria yang satu ini. Dia dijuluki sebagai manusia terkuat dan bahkan ia sampai memecahkan sebuah rekor dunia. Mengapa begitu?

Aktifis kesehatan mental dan Komandan Polisi Federal Australia, Grant Edwards berhasil menyelesaikan sebuah rekor dunia dengan menarik sebuah pesawat C-17 seberat 190 ton. Ia menariknya dengan menggunakan kekuatan ototnya saja.

Grant Edwards, yang pernah dijuluki sebagai pria terkuat di Australia ini mengatakan dirinya merasakan beban yang berat sebelum melakukan penarikan bebannya ini. Kamu bisa lihat bagaimana pria ini menarik pesawat yang begitu besar. Pastinya sangat berat bukan?

pesawat1

“Ini sulit, saya tidak meremehkannya,” katanya. ‘Mungkin tidak terlihat sulit, tapi sebenarnya sangat sulit’. Dan perlu kamu tahu, bahwa dalam benak saya terus berfikir. ‘Tuhan apa aku bisa melakukannya dan kuharap aku bisa melakukan hal ini’. Dan setelah saya bisa melakukannya, ada perasaan yang lapang (legah dan memuaskan).

Bukan Sekedar Ingin Menunjukan Kekuatan Melainkan Memiliki Tujuan

pesawat-militer-amerika-serikat

Grant Edwards menarik pesawat militer buatan Amerika dengan berat 190 ton itu lebih dari 5 meter di Pangkalan Angkatan Udara DoverTasmania pada hari Sabtu (26/8/2017). Hal ini dilakukan berdasarkan upaya dalam meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental di antara para petugas penanganan pertama dan petugas penegak hukum.

“Terlalu banyak orang terluka secara mental dan trauma mental dan terlalu banyak orang yang bunuh diri,” Ujarnya.

Pertarungan pribadi Komandan Edwards dengan Gangguan Kesehatan Mental Pasca Trauma (PTSD) dan depresi, yang diungkap dalam program Australian Story di ABC minggu ini, telah menjadi salah satu kekuatan pendorong di balik upayanya untuk menghilangkan stigma seputar kesehatan mental di kepolisian.

“Kami ingin meningkatkan profil dan membiarkan orang tahu bahwa mengungkapkan kondisi PTSD itu tidak apa-apa dan bukan sebuah kelemahan, tapi sebaliknya itu adalah kekuatan,” katanya. C-17 adalah pesawat kargo militer dan pengangkut personel, sepanjang 53 meter dan mampu membawa 77 kargo metrik ton. Komandan Grant Edwards mengatakan dirinya berharap tarikan itu akan menjadi rekor dunia.

tarik

Dan Grant mengatakan, bahwa kami harus memasukan semua dokumen di dalamnya, namun ia harus menempuh jarak lebih dari lima meter agar ia berhasil melakukannya dan hal hasil, ia lolos dari aksinya. Yah mungkin suatu kebanggan karna ia mampu menarik sebuah pesawat dengan berat 190 ton.

Namun seperti yang dijelaskan, bahwa hal yang terpenting baginya ialah meningkatkan kesadaran kesehatan mental di antara para petugas. Staf Personil militer AS, Sersan Brian Blackburn yang menyaksikan pertunjukan tersebut mengatakan bahwa dia amat terkesan dengan kehendak dan kekuatan otot pria Australia ini. Cukup mengagumkan, dia benar-benar menarik sebuah pesawat, Ujar Sersan ini.

Dan perlu untuk kamu ketahui, bahwa sebelumnya pria kuat ini pernah berhasil menarik lokomotif, trailer menengah dan pesawat Hercules berkapasitas 40 ton, namun dia mengatakan bahwa dia harus beristirahat sebelum mencoba yang lebih besar dari pada C-17.

Seperti mengontrol dirinya, ia bahkan menanyakan pada tubuhnya apakah ia mampu melakukan hal luar biasa ini? Yah walaupun banyak mereka yang mengatakan bahwa usia hanyalah angka saja, namun baginya setiap tahun usia bertambah dan perubahan pada tubuh itu pasti ada.

Demikianlah artikel pada hari ini, semoga bermanfaat dan selamat membaca.