Sosok Hewan Laut Yang Menyeramkan

Berbicara mengenai dunia kelautan dimanapun juga pasti ada hal yang ditakutkan oleh sebagian orang. Hal yang membuat mereka takut salah satunya adalah Ikan Hiu. Ikan Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha), ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya). Hiu dapat ditemui di semua samudra lautan di dunia tidak terkecuali Indoneisa.

Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan Hiu memiliki habitat yang berbeda-beda menyesuaikan spesies dan lingkungan asal. Berbicara soal Hiu pastinya buat kamu merindingkan dan tahukah kamu bahwa jenis hiu ada berbagai macam. Bahkan ada hiu yang disebut-sebut paling menyeramkan. Untuk itu ada baiknya kamu baca terus artikel ini, agar kamu tahu jenis hiu manakah yang paling menyeramkan.

Jenis-Jenis Hiu

Perlu kamu ketahui bahwa di dunia ini ada banyak jenis ikan hiu yang dapat kita temui. Baik itu jenis ikan hiu terbesar, ikan hiu terbuas atau yang lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis ikan hiu ini, berikut dibawah saya akan menjelaskan beberapa mengenai jenis-jenis Hiu.

Bigeye Thresher Shark

hiu-768x264

Ikan hiu jenis ini merupakan salah satu ikan yang bisa dibilang cukup besar untuk jenis hiu. Ikan ini dapat tumbuh sepanjang 15 kaki dan juga dapat memiliki bobot tubuh 795 lbs atau sekitar 360 Kg dan hidup di kedalaman 1.650 kaki di dasar laut. Ikan ini sedikit unik karena bentuk ekor mereka yang cenderung panjang dan melengkung dan tubuhnya tampak seperti berotot

Bluntnose Sixgill Shark

hiuu-768x476

Jenis hiu yang satu ini juga merupakan salah satu hiu terbesar untuk jenis spesies hiu yang ada di dunia. Bluntnose Sixgill Shark sering juga disebut sebagai hiu sapi, ikan jenis ini dapat tumbuh hingga 16 kaki atau sekitar (4.8 m). Untuk menangkap ikan ini, banyak orang yang menggunakan ikan tuna sebagai umpannya.

Great Hammerhead Shark

hiiu-300x178

Siapa yang tidak kenal dengan Hammerhead Shark, ya kita sering mendengarnya dengan sebutan Hiu Martil. Hiu martil dari genus Sphyrna adala anggota dari famili Sphyrnidae. Satu-satunya genus selain Sphyrnidae, Eusphyra, terdiri dari hanya satu spesies, Esphyra blochii dan winghead shark.

Tiger Shark 

hiiuu-300x225

Mereka hidup layaknya pemburu dan predator yang mematikan di dalam laut, pasalnya mereka tak hanya melahap semua jenis kehidupan yang ada dilaut tetapi juga sering dikabarkan menyerang para manusia dipantai. Populasi hiu ini berada di perariran khatulistiwa, namun banyak ditemukan di sekitar perairan pacific. Memiliki panjang hingga 24.3 kaki, berat hingga 2000 lbs (907,18 kg) dan termasuk hiu yang ganas.

Basking Shark

hiuuu-300x217Cetorhinus maximus atau biasa kita kenal dengan Hiu Penjemur. Hiu ini merupakan ikan terbesar kedua setelah hiu paus dan spesies ini merupakan spesies kosmopolitan yang dapat ditemui di sepanjang samudera hangat di seluruh dunia.

Megalodon Shark

hiiiu-768x433

Hiu Megalodon adalah ikan purba prasejarah yang telah hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu. Menurut informasi, hiu ini memiliki ukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Megalodon adalah jenis hiu perairan dalay yang sangat jarang sekali naik ke permukaan laut, terkecuali untuk mencari mangsa.

Hiu Goblin

globin

Ini adalah spesies hiu laut dalam langka yang kurang dipahami. Kadang-kadang disebut “fosil hidup”, itu adalah satu-satunya wakil yang masih ada dari keluarga Mitsukurinidae. Hiu Goblin mendiami lereng atas benua, lembah bawah laut, dan gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 m (330 ft), dengan spesimen dewasa yang ditemukan lebih dalam daripada spesimen remaja.

Hiu ini adalah satu-satunya hiu yang berpenampilan paling menyeramkan yang ada. Faktanya bahwa Hiu yang satu ini terkenal dengan warna merah yang melekat pada tubuhnya. Pada bagian mulutnya memiliki sebuah mekanisme maju mundur cepat untuk menyergap mangsanya. Makin mengerikan lagi karena rahangnya tak memiliki gigi geraham alias semua taring yang panjang dan mencuat. Hiu goblin bergerak lambat dan hidup di kedalaman 1.200 m di berbagai perairan dalam di di Samudera Pasifik dan Atlantik.

hiugo-300x225

Ia hidup dengan mengkonsumsi ikan, termasuk hiu dan tubuhnya bisa tumbuh hingga 3,8 m. Seperti halnya hiu berjumbai, hiu goblin juga diperkirakan ada sejak zaman prasejarah dengan struktur tubuh yang tidak berubah selama jutaan tahun. Sejauh ini, informasi ilmiah mengenai hiu goblin masih sangat terbatas. Meski demikian hewan ini masih eksis, masih ada di perairan Jepang dan beberapa kali berhasil terekam kamera. Diyakini sebagai ikan dengan penampilan yang paling menyeramkan dan pastinya menakutkan banget bila melihat jenis hiu yang satu ini.

Faktanya ikan hiu ini memiliki sifat yang sama seperti manusia. Selain penampilan yang begitu menyeramkan ternyata dia cenderung memiliki sifat layaknya manusia saja. Hiu ini dikenal agresif dan gampang diprovokasi.

Sudah tahukan jenis Hiu yang penampilannya paling menakutkan dan mereka semua disebut dengan sosok hewan laut yang menakutkan.