Mau Tau Olahraga Apa Yang Terekstrim Dan Mahal? Yuk Simak Disini

Kita selalu menginginkan hidup yang sehat bukan? Selain menjaga pola makan, tentu saja harus ditambah dengan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan di rumah kalau kamu tidak ada waktu yang banyak. Tapi, boleh dong sekali-sekali mencoba olahraga ekstrem untuk memacu adrenalin. Kalau bicarain soal masalah ekstrem, berikut ini merupakan olahraga ekstrim namun dengan biaya yang begitu mahal. Kira-kira apa aja ya olahraganya? Yuks simak artikelnya sampai habis!

1. Skydiving

Skydiving adalah olahraga terjun payung dengan gaya bebas layaknya penyelam hendak menyelami dasar laut. Olahraga ini dibuat oleh Andre-Jacques Garnerin dan Leslie Irvin pada 1919. Biaya untuk olahraga ekstrem ini adalah senilai US$ 5 ribu atau Rp 66,7 juta untuk perlengkapan dan US$ 400 atau Rp 5,3 juta untuk biaya akomodasi pesawat.

2. Wingsuit Flying

Sama seperti Skydiving, olahraga yang satu ini juga membutuhkan ketinggian untuk melakukannya. Olahraga ini selain membutuhkan parasut, juga membutuhkan baju khusus mengendalikan diri dengan kecepatan tinggi di udara. Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan olahraga ekstrem ini adalah senilai US$ 1.500 atau Rp 19,86 juta untuk baju dan US$ 4 ribu atau Rp 52,96 juta untuk parasut serta akomodasi pesawat.

3. Skysurfing

Skysurfing adalah olahraga terjun dengan penerjun akan menggunakan papan selancar sebagai alat perlengkapan. Layaknya peselancar di laut, olahraga ini membuat penerjun untuk bergaya seperti sedang berselancar di laut. Olahraga ini dibuat oleh Dominique Jacquet dan Jean-Pascal Oron pada 1986. Hingga saat ini, skysurfing menjadi salah satu teknik komersial untuk memasarkan produk di Amerika. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini adalah senilai US$ 6.500 atau Rp 86,7 juta.

4. Polo

“Polo adalah olahraga beregu yang dimainkan di atas kuda dengan tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Pemain mengendalikan bola kayu atau plastik (ukuran 3–3 ,5 inci)menggunakan pemukul panjang yang disebut mallet. Gol dianggap sah apabila bola lewat di antara gawang ditandai dengan dikibarkannya bendera oleh penjaga gawang. Setiap regu polo terdiri dari empat orang pemain dengan jumlah kuda tidak terbatas. Permainan berlangsung dalam periode tujuh menit yang disebut chukka.

Keseluruhan permainan dapat berlangsung antara empat sampai enam chukka tergantung pada peraturan turnamen dan asosiasi masing-masing. Olahraga ini terbilang mahal karena membutuhkan banyak perlengkapan. Selain kuda, seorang atlet polo juga memerlukan helm, sepatu boot, serta tongkat pemukul. Seekor kuda poni untuk olahraga ini bisa berharga 15.000 dolar (sekitar Rp.143 juta) dan biaya pemeliharaan per bulannya mencapai 1.200 dolar (Rp 11,4juta). Sementara perlengkapan lain seperti helm, sepatu boot, pelindung lutut, serta pelana kuda bisa menelan biaya hingga 4 .000 dolar (sekitar 38 juta rupiah) .

5. Menembak

“Olahraga menembak adalah olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran (akurasi dan kecepatan ) dengan menggunakan berbagai jenis senjata seperti senjata api dan senapan angin. Berburu juga termasuk olahraga menembak, Olahraga menembak dikategorikan berdasarkan jenis senjata api, sasaran dan jarak di mana target ditembak.

Dalam olahraga menembak, selain senapan dan kostum yang digunakan, orang yang ingin berburu dan menembak juga harus menuju ke tempat dimana buruannya berada, kecuali orang tersebut hanya khusus menembak di aula yang sudah disediakan. Olahraga ini mempunyai 20an nomor pertandingan. Secara umum dibagi 3 kelompok yaitu: Tembak sasaran, tembak reaksi, dan berburu. Olahraga menembak dikatakan mahal karena harga senapan yang memiliki harga hingga 10 jutaan, belum lagi Anda harus membeli pelurunya.

Untuk peluru air guns kaliber 4 .5 mm, di hargai 100 ribuan per 500butirnya, sedangkan untuk peluru small bore kaliber 22, 1 butirnya 10 ribuan bayangkan jika anda membeli 500 butir peluru small bore kaliber 22. Sebuah komunitas menembak di Inggris melansir harga yang harus dibayarkan untuk setiap paket senapan. Sebuah paket senapan bisa berharga 4.084 dolar atau sekitar Rp.38,9 juta.

6. Scuba Diving di Goa Dalam Air

Olahraga yang satu ini selain membutuhkan nyali yang besar juga membutuhkan uang yang cukup banyak. Bagaimana tidak? Mulai dari perlengkapan, biaya akomodasi, hingga asuransi harus dikeluarkan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk olahraga ini adalah senilai US$ 9 ribu atau Rp 119,16 juta.

7. Golf

Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang – lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin, Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf).

Golf adalah salah satu dari permainan yang tidak memiliki lapangan permainan yang standar,melainkan dimainkan di padang golf yang masing-masing memiliki desain unik dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang ). Golf memang sudah identik dengan olahraga mahal. Olahraga ini paling banyak di minati oleh kaum yang berbudget tinggi.

Pasalnya untuk perlengkapan golf nya seperti, tas golf, stick golf, bola golf dan masih banyak lagi memiliki harga hingga puluhan juta, selain peralatannya yang mahal, biaya untuk bergabung dalam sebuah klub golf juga tidak murah. Di Amerika, orang yang tergabung dalam klub golf bisa menghabiskan 500 hingga 2.500 dolar (4,7 juta hingga 23,8 juta rupiah ) per tahun,tergantung dari jenis keanggotaannya.

8. Mendaki Gunung Ketinggian Tinggi

Mendaki gunung adalah hal yang menyenangkan bagi beberapa orang. Bagaimana tidak? Mendaki gunung membuat pendaki lebih menikmati keindahan alam. Namun, bagaimana jika yang didaki adalah gunung berketinggian tinggi dan beroksigen rendah? Maka Anda harus mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk perlengkapan Anda saat mendaki.

Biaya yang harus dikeluarkan adalah senilai US$ 15 ribu atau Rp 198,6 juta untuk perlengkapan dingin, US$ 30 ribu atau Rp 397,21 juta untuk tabung oksigen, US$ 10 ribu atau Rp 132,40 juta untuk perlengkapan pernapasan, dan US$ 5.000 atau Rp 66,20 juta untuk pemandu profesional serta asuransi.

9. Bull Riding

Olahraga ekstrem Bull Riding sebenarnya merupakan sebuah aktivitas olahraga yang sederhana. Mereka yang mempunyai nyali cukup besar untuk duduk di atas banteng liar diwajibkan bisa bertahan di posisinya tanpa terjatuh selama delapan detik. Durasi tersebut mungkin dianggap singkat, tapi delapan detik di atas punggung banteng liar yang terus melompat dan menendang serta siap untuk menanduk bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh semua orang.

Dengan resiko besar yang harus dihadapi oleh para rider, pada awalnya sarana penunjang keamanan para penunggang banteng terbilang sangatlah minim. Salah satu keamanan yang paling krusial adalah tali tambang yang digunakan sebagai pegangan rider selama terombang-ambing di atas punggung banteng tersebut.

Namun dalam perkembangannya kini telah muncul beragam perlengkapan keamanan yang mulai ditambahkan pada badan rider. Salah satunya adalah rompi pelindung, yang terbuat dari busa dan berfungsi untuk meredam benturan yang mungkin muncul saat rider terjatuh atau saat diserang banteng.

Sementara untuk menghindari terbakarnya tangan rider akibat bergesekan dengan tambang, digunakan sebuah sarung tangan yang terbuat dari kulit. Dalam beberapa kegiatan, topi cowboy kerap diganti dengan helm demi alasan keamanan, namun para rider banyak yang menolaknya karena dianggap mempengaruhi keseimbangan. Sepatu boot juga jadi perlengkapan keamanan standar dalam olahraga ekstrim bull riding ini.

10. Slack Line

Slack Line merupakan olahraga yang berguna untuk melatih keseimbangan kamu, dimana kamu harus berjalan diatas seutas tali yang dibentangkan dengan berbagai macam ketinggian. Berbagai macam ketinggian itu ditentukan dari kemampuan kamu dalam menjaga keseimbangan Loopers.

Tali yang digunakan pada olahraga slack line biasanya adalah tali webbing atau tali berbentuk pita dan kadang ada juga yang menggunakan tali kayak tambang tapi ukurannya yang agak tipis. Ukuran tali ini biasanya sepanjang 3 meter dan tingginya untuk ukuran yang paling rendah yaitu hanya sekitar 60 cm dari permukaan tanah.

11. Heli Sking

Helikopter ski adalah olahraga yang paling berkesan dalam dunia perolahragaan. Namun, hiburan olahraga ini tidak dianjurkan bagi setiap orang. Hal yang harus diperhatikan yang pertama pertama adalah anda perlu tahu jika Anda berada dalam kesehatan yang baik dan juga Anda dapat mentolerir ketinggian tinggi. Dianjurkan bahwa Anda akan bugar dan jika diperlukan melatih untuk meningkatkan tingkat fisik Anda dalam hal kekuatan dan ketahanan.

Sekian daftar olahraga ektrem dengan harga yang fantastis ya, semoga dapat menambah informasi anda dan bisa menjadi pilihan untuk kegiatan olahraga yang ingin anda lakukan.