Lakukan Hal Ini Jika Orang Terdekatmu Mengalami “Depresi” Untuk Penyembuhannya

Depresi merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh orang lain akibat terlalu stres atau banyaknya masalah yang tidak bisa diselesaikan olehnya. Depresi bisa terlihat seperti kebahagiaan hari ini yang disusul dengan bentuk kesedihan mendalam pada keesokan harinya. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan, frustrasi, bahkan mengecewakan orang terdekatnya.

Membantu seseorang yang mengalami depresi tidaklah mudah dan dapat menjadi tantangan bagi dirinya. Karena orang yang depresi sangat sulit untuk bisa diajak biacara baik-baik, hal ini sangat membutuhkan kesabaran yang extra. Jika orang tersebut adalah anggota keluarga atau bahkan pasangan anda sendiri, hal ini akan menjadi lebih menantang. Anda harus mengerti bahwa dukungan Anda dapat memberi dampak yang besar dan berkontribusi pada proses pemulihan pada oarang yang yang mengalaminya.

Depresi bukan hanya sekadar kegalauan atau kesedihan sesaat, melainkan sebuah gangguan kejiwaan yang butuh penanganan khusus. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menghadapi teman atau keluarga yang depresi. Ketidaktahuan tersebut akhirnya membuat orang yang sedang depresi merasa sendirian dan tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatnya.

Terlebih lagi jika orang yang mengalami depresi juga tidak selalu menunjukkan dengan jelas atau langsung bahwa dirinya sedang depresi. Mereka sering kali bertingkah normal di depan orang banyak. Hal itu dilakukannya agar mereka terhindar dari tawaan dan ejekan orang banyak. Hal inilah yang membuat orang terdekatnya kurang bisa mengerti cara apa yang harus mereka lakukann untuk membantu sipenderita untuk sembuh.

Pahami Gejala Penderita Depresi

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membantu seseorang dengan depresi adalah dengan mengerti kondisi dan gejala mereka, sehingga Anda tahu apa yang sedang terjadi pada mereka. Dan masalah itu tidak berlarut-larut dia rasakan. Berikut adalah beberapa gejala umum yang dirasakan orang yang depresi:

  • Mereka mulai kehilangan napsu makan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba
  • Memiliki kelainan makan atau gambar diri yang buruk
  • Selalu merasa sedih, hampa, putus asa atau frustrasi
  • Mudah marah, kesal atau menangis
  • Memiliki gangguan tidur, seperti insomnia atau tidur terlalu sering
  • Kekurangan energi dan selalu merasa lelah
  • Selalu merasa gelisah, cemas atau resah
  • Memiliki masalah dengan komunikasi, lambat dalam berpikir dan bereaksi, kesulitan berkonsentrasi, membuat keputusan dan mengingat
  • Sering menyebutkan kematian, pikiran ingin bunuh diri, bahkan mencoba bunuh diri
  • Memiliki masalah fisik, seperti sakit kepala, sakit punggung atau sakit perut.

Semua gejala yang ada di atas dapat bervariasi pada masing-masing orang yang tertentu, namun umumnya depresi dapat menyebabkan kehilangan semangat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penting untuk mengerti bahwa depresi adalah kondisi yang serius, namun tetap dapat untuk disembuhkan. Itulah sebabnya, mengapa kunjungan rutin pada dokter spesialis kejiwaan sangat penting. Anda harus memastikan anggota keluarga Anda mengikuti pengobatan sesuai petunjuk yang dianjurkan.

Cara Mendukung Seseorang yang Depresi

Untuk menyembuhkan keluarga atau teman yang sedang depresi, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar masalah yang di deritanya tidak berkepanjangan dan dapat merusak hidup dan kesehatannya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu anggota keluarga yang depresi:

1. Selalu Mendorong Pengobatannya

Mengapa demikian? Itu karena masalah depresi tidak boleh didiamkan tanpa ada penanganan, sangat perlu untuk membawa orang terdekat Anda untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang efektif. Terkadang orang-orang yang depresi tidak menyadari gejala depresi mereka sendiri, sehingga mereka berpikir bahwa mereka baik-baik saja atau malu mencari pertolongan.

Dan yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan orang tersebut tentang apa yang Anda lihat dan khawatirkan pada dirinya sekarang ini. Yang terpenting adalah Anda harus mengekspresikan kesediaan Anda membantu mereka dan mungkin Anda perlu mendapat bantuan dari ahli profesional. Selalu bersabar untuk membujuknya agar mau melakukan pengobatan.

2. Ajak Dirinya Bicara

Buat keluarga anda selalu nyaman untuk membicarakan masalah dan uneg-unegnya kepada Anda. Jika dirinya memang membutuhkan bantuan pakar, yakinkan ia bahwa depresi adalah hal normal dan penanganan tertentu akan mengembalikan kesehatan emosionalnya. Anda juga harus selalu ada untuk mereka, jangan sampai dirinya merasa sendiri dan tidak ada yang ingin berteman dengannya.

3. Jangan Menyalahkannya

Cobalah untuk tidak menyalahkan dirinya dengan apa yang sedang dialaminya saat ini karena itu hanya akan memberinya kecemasan dan membuatnya semakin depresi, jangan pula menarik diri dari mereka atau menjauhinya. Bisa jadi mereka telah menyalahkan diri mereka sendiri atas apa yang dirasakan, dan penambahan kritik bukanlah hal yang tepat untuk membantunya keluar dari masalahnya.

4. Bersikap Sabar

Ini adalah hal pendorong yang paling utama dalam proses kesembuuhan orang yang sedang depresi. Seseorang yang sedang depresi bisa menjadi pribadi yang sama sekali berbeda dari keadaan normalnya, di antaranya lebih mereka lebih mudah tersinggung dan merasa tak pernah dipahami. Jadi cobalah untuk bersabar dalam menghadapi kondisinya itu, karena mereka hanya butuh diyakinkan dalam beberapa situasi dan merasa tidak sendiri.

5. Memperhatikan diri Sendiri

Selain memberikan dukungan penuh terhadap keluarga anda, Anda juga harus tetap menjaga diri serta kesehatan baik itu secara fisik dan mental. Jika tubuh anda tetap sehat, maka akan lebih mungkin untuk anda memberikan dukungan tanpa kewalahan keluarga anda akan cenderung cepat pulih.

6. Terus Berkomunikasi dengan Mereka

Jangan pernah meninggalkan mereka begitu saja. Tetapnya lakukan komunikasi dengan mereka dan selalu kunjungi dirinya, dan undang dia untuk bergabung dengan Anda dalam kegiatan sehari-hari, misalnya sekadar makan di luar, olahraga atau jalan-jalan di mal. Orang yang mengalami depresi mungkin terisolasi karena mereka tidak ingin mengganggu orang lain.

“Aktivitas yang memberikan kesenangan bisa membantu dalam memperbaiki depresi,” menurut Gollan. Jadi pilihlah kegiatan yang menarik bagi mereka. Jangan putus asa bila pada awalnya mereka menolak atau terkesan tidak menikmati.

7. Selalu Fokus Pada Tujuan Kecil

Orang yang depresi mungkin akan bertanya, “Mengapa repot-repot? Mengapa saya harus bangun dari tempat tidur hari ini? Mungkin seperti itulah hal yang akn mereka tanyakan setiap harinya. Jadi Anda dapat membantu menjawab pertanyaan ini dan menawarkan penguatan positif. Misalnya, dengan mengatakan bahwa bangun pagi akan membuat dia lebih bersemangat atau ada sesuatu yang harus dia lakukan pagi itu.

“Penghindaran dan kepasifan yang menekan dapat dikurangi melalui aktivitas yang positif,” kata Gollan. Berikan pujian atas prestasi-prestasi kecil yang terhitung sederhana sekali pun, misalnya bangun pagi. Penderita depresi biasanya merasa dirinya tidak berharga. Dukungan yang membesarkan hati dan beri penghargaan atau pujian atas hal-hal positif yang dia lakukan bisa membantu mengurangi depresi.

8. Pahami Risiko Bunuh diri Pada Dirinya

Orang dengan depresi cenderung memiliki keinginan untuk bunuh diri dan biasanya terjadi pada orang yang mengalami depresi yang serius. Terdapat beberapa petunjuk yang dapat Anda perhatikan pada orang terdekat Anda, apakah mereka memiliki tanda-tanda bunuh diri sehingga Anda dapat mengambil tindakan untuk segera menghentikannya. Berikut pertanda jika mereka ingin mengakhiri hidupnya :

  • Sering berbicara tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri
  • Merasa putus asa atau membenci diri sendiri
  • Memiliki tindakan yang membahayakan atau merusak diri sendiri
  • Cenderung mencari pil, senjata atau kekerasan
  • Merasa tenang tiba-tiba setelah depresi

Ada banyk hal yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan orang terdekat anda dari masalah depresi. Jangan pernah membiarkan mereka berlarut-larut dalam kondisinya seperti yang saat ini banyak kita lihat terlantar begitu saja dijalanan. Tetapla ingat jika pasti ada jalan yang bisa dilewati untuk penyembuhannya. Maka dari itu tetaplah bersabar dalam menghadapi kondiri dari orang terdekat anda. Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat.