Digelarnya Kembali Kompetisi Teknologi Imagine Cup 2018 Dari Microsoft

Microsoft kembali mengumumkan telah dibukanya pendaftaran Imagine Cup ditahun 2018, digelar untuk kompetisi teknologi global bagi para siswa. Irving Hutagalung, seorang Audience Evangelism Manager, di Microsoft Indonesia mengatakan bahwa Imagine Cup bentuk untuk menginspirasi para siswa di seluruh dunia untuk membawa gagasan terhebat mereka untuk kehidupan melalui sebuah teknologi.

“Di Microsoft, kami sangat senang melihat solusi inovatif untuk kesehatan, bantuan bencana, dan pendidikan yang muncul dari generasi muda Indonesia dari tahun ke tahun,” ungkapnya, Rabu (27/12/2017).

Kompetisi Imagine Cup 2018 Indonesia

Kompetisi ini telah digelar sejak di tahun 2003. Tim terbaik dipilih dari setiap negara dari para peserta untuk bersaing mendapatkan tempat atau penghargaan di Imagine Cup World Finals, dimana mereka akan bersaing untuk meraih gelar Juara Dunia. Tim yang menjadi pemenang bisa memenangkan sampai US$100.000, sesi mentoring dengan CEO Microsoft Satya Nadella, mendapatkan kesempatan dari Azure untuk memasarkan produknya dan juga membawa pulang Imagine Cup.

Adapun Tema yang dilaksanakan pada kompetisi tahun ini adalah ‘Code with Purpose’, mendorong siswa dari seluruh dunia untuk mencari solusi dalam memecahkan permasalahan dunia yang sedang terjadi saat ini. Akan ada lima tahap sepanjang kompetisi dalam kurun waktu enam bulan, yaitu pendaftaran online, Semi-Final Indonesia, Final Indonesia, Final Asia Pasifik, dan Final Dunia.

Untuk memulai kompetisi, para pendaftar Imagine Cup harus membuat video berdurasi tiga menit dan juga dokumen rencana proyek untuk menginformasikan Microsoft, apa gagasan Imagine Cup mereka. Pendaftaran online akan dibuka hingga 14 Februari 2018. Untuk mendorong inovasi lebih lanjut, Microsoft telah menambahkan tiga penghargaan khusus untuk mewakili transformasi digital saat ini di Imagine Cup 2018.

Yang Pertama yaitu, artificial Intelligence atau penggunaan API dan Azure Intelligence terbaik dengan teknologi Azure Cognitive Services dan Bot Service. Kedua, big Data yaitu penggunaan API dan Azure Analytics dengan teknologi Azure Machine Learning, Stream Analytics, dan IoT. Ketiga, mixed Reality, penggunaan Windows Mixed Reality terbaik dengan teknologi HoloLens, AR, dan VR.

Pemuda Indonesia telah beberapa kali mendapatkan penghargaan, termasuk tim None Developer dari Universitas Trunojoyo, yang meraih posisi kedua di 2016 Imagine Cup World Finals. Inovasi yang mereka persembahkan yaitu, Froggy and the Pestisida, permainan mobile yang dirancang untuk menanamkan kesadaran lingkungan.

Pada 2017, tim CIMOL dari Institut Teknologi Bandung menjadi Juara Asia Tenggara dengan penemuan mereka, Hoax Analyzer, sebuah aplikasi yang dapat memverifikasi apakah sebuah informasi adalah hoax atau bukan dengan menerapkan machine learning, natural language processing, dan layanan kognitif.

“Microsoft terus berkomitmen untuk memberdayakan siswa dalam menciptakan masa depan. Maka dari itu, kami berharap untuk dapat kembali melihat gagasan inovatif dari generasi muda Indonesia di Imagine Cup 2018,” ujarnya.

Berikut tahap pendaftaran yang harus anda ikuti untuk dapat ikut serta dalam penyelenggaraan Kompetisi Imagine Cup 2018 di Indonesia.

Initial Submission

Merupakan tahap seleksi pertama pada Imagine Cup Indonesia. Pada tahap ini, kamu diminta membuat dua hal.

  1. Pertama, deskripsi proyek dalam bentuk Word document (maksimal 10 halaman) atau PowerPoint presentation (maksimal 20 slide). Format isi bebas. Pastikan bahwa ketika juri membaca dokumen tersebut, mereka dapat mengerti masalah yang ingin dipecahkan, bagaimana proyek kalian akan memecahkan masalahnya, dan penjelasan teknis mengenai proyek tersebut.
  2. Kedua, video berdurasi maksimal 10 menit, menjelaskan mengenai proyek yang dibuat. Juri akan menilai berdasarkan kriteria penilaian kompetisi, jadi pastikan video yang kamu buat bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di kriteria penilaian. Video juga harus menampilkan proyek yang kalian buat: apabila berbentuk software maka harus ada demo, dan apabila ada hardware maka harus dimunculkan juga dalam video nya. Video bisa berbentuk rekaman presentasi, atau animasi yang menjelaskan proyek kalian, atau narasi berbentuk cerita, atau bentuk-bentuk lain sesuai kreativitas kalian.

~Bagaimana cara melakukan Initial Submission?

  • Upload Video pada media penyimpanan video online seperti OneDrive atau penyimpanan video online lainnya, kemudian simpan URL video tersebut
  • Sign in pada Imagine Cup Portal (pastikan kamu telah mendaftarkan tim kamu pada kompetisi terkait)
  • Di dalam form Submission, upload file dokumen proyek dan masukkan juga URL ke video online.
  • Pastikan kamu tidak melewati batas waktu yang ditentukan: 14 Februari 2018, jam 23:59 WIB. Semifinalis akan diumumkan pada tanggal 21 Februari 2018 pada halaman ini.

Semifinal Indonesia

Semifinal Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2018 bertempat di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta. Para semifinalis akan diminta untuk hadir bersama timnya untuk melakukan presentasi di hadapan juri. Semifinal ini merupakan acara tertutup, hanya akan ada tim semifinalis, juri, panitia dan tamu undangan Microsoft khusus di dalam ruang penjurian. Berikut beberapa hal terkait dengan semifinal Indonesia yang harus diperhatikan baik-baik:

  • Jumlah tim yang akan berkompetisi pada tahap ini adalah 15 tim terbaik
  • Microsoft tidak menyediakan transportasi & akomodasi bagi para tim Semifinalis
  • Semifinalis akan menyampaikan presentasi berdurasi 10 menit dan diikuti dengan 10 menit sesi tanya jawab dengan juri
  • Pada tahap ini, tim semifinalis sudah harus menyelesaikan minimal 70% aplikasinya, dan membawa aplikasi tersebut untuk didemokan di hadapan juri dan dapat dicoba langsung oleh juri
  • Presentasi yang disampaikan harus menggunakan bahasa Inggris dan tanpa penerjemah, presenter harus merupakan anggota utama tim semifinalis
  • Hasil dari semifinal ini merupakan 5 tim terbaik Imagine Cup 2018 Indonesia dan akan diumumkan pada hari itu juga.

Final Indonesia

Penjurian final Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2018 di Jakarta. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan final Indonesia:

  • Lima tim terbaik akan mengikuti tahap final Indonesia
  • Microsoft tidak menyediakan transportasi & akomodasi bagi para tim Finalis
  • Setiap tim finalis akan menyampaikan presentasi dalam waktu 10 menit mengenai aplikasinya, dan diikuti dengan 10 menit sesi tanya jawab
  • Pada tahap ini, tim finalis sudah harus menyelesaikan minimal 90% aplikasinya, dan membawa aplikasi tersebut untuk didemokan dihadapan juri dan dapat dicoba langsung oleh juri
  • Presentasi yang disampaikan harus menggunakan bahasa Inggris dan tanpa penerjemah, presenter harus merupakan anggota utama tim finalis
  • Setiap tim finalis akan diminta merancang dan mempersiapkan booth untuk menunjukkan aplikasinya pada pengunjung dan juri
  • Satu tim terbaik akan dipilih berdasarkan penilaian juri untuk menjadi perwakilan Indonesia di Asia Pacific Final.

Asia Pacific Finals

Tim pemenang dari setiap negara Asia Pacific akan mengikuti tahap ini. Lokasi dan tanggal acara akan diumumkan kemudian. Pada acara ini akan dipilih tim-tim yang akan mewakili Asia Pacific di World Finals. Seluruh biaya perjalanan dan akomodasi akan ditanggung oleh Microsoft. Rincian mengenai acara ini akan diumumkan di kemudian hari.

World Finals

World Finals akan diselenggarakan akhir Juli 2018 di Amerika Serikat. Jika tim Indonesia terpilih sebagai salah satu World Finalist, maka seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota tim (maksimal 3 orang) akan ditanggung oleh Microsoft. Hadiah utama adalah uang tunai sebesar USD 100,000. Keterangan lebih detil mengenai World final akan disampaikan selanjutnya pada tim terkait.

Tanggal Penting

  1. 14 Februari 2018 23:59 (WIB)
    Batas akhir Initial Submission
  2. 21 Februari 2018
    Pengumuman 15 Semifinalis Indonesia
  3. 3 Maret 2018
    Semifinal Indonesia di Jakarta, sekaligus pengumuman 5 Finalis.
  4. 13 Maret 2018
    Penjurian Final di Jakarta dan Pengumuman Pemenang
  5. Awal April 2018
    Asia Pacific Finals dan pengumuman perwakilan Asia Pacific
  6. Akhir Juli 2018
    World Finals di Amerika Serikat

Hal-hal yang sering ditanyakan

~Apakah proyek yang saya buat harus sesuatu yang baru?

Tidak. Proyek yang dibuat bisa saja adalah proyek yang sudah dikerjakan jauh-jauh hari sebelumnya. Bisa saja proyek tersebut dibuat pada awalnya bukan untuk Imagine Cup.

~Proyek saya pernah diikutkan di kompetisi lain. Apakah tetap bisa dikompetisikan?

Tentu saja. Selama proyek tersebut belum pernah masuk ke Imagine Cup World Finals, maka proyek tersebut dapat mengikuti Imagine Cup.

~Apakah saya tetap boleh ikut padahal saya baru saja lulus?

Persyaratan Imagine Cup menyebutkan bahwa peserta harus terdaftar sebagai pelajar (siswa/mahasiswa) di antara tanggal 24 Oktober 2017 dan 31 Mei 2018. Selama anda masih terdaftar sebagai pelajar pada jangka waktu tersebut, maka anda berhak untuk berkompetisi.

~Saya sudah menjadi startup. Apakah saya tetap boleh berkompetisi?

Selama anda masih terdaftar sebagai pelajar sesuai persyaratan (lihat pertanyaan sebelum ini), maka anda berhak untuk berkompetisi.

~Apakah proyek harus menggunakan Azure? Bagaimana dengan Visual Studio?

Ya, semua proyek peserta Imagine Cup harus menggunakan Azure. Penggunaan Visual Studio adalah opsional. Peserta dapat menggunakan teknologi apapun, baik dari Microsoft maupun non Microsoft.

~Bagaimana tim saya dapat memperoleh account Azure?

Sebagai mahasiswa, kalian mendapatkan account Microsoft Imagine (dulu DreamSpark), yang salah satu manfaatnya adalah memperolah account Azure. Apabila kalian tidak mendapatkan Microsoft Imagine dari kampus, harap hubungi kami.