Pahami Penyebab Wanita Sulit Untuk Hamil Dan Cara Mengatasinya

Memiliki keturunan menjadi keinginan banyak perempuan setelah menikah bukan? Namun tidak semua wanita bisa mengalami hal ini dan tak kunjung terjadi. Banyak diantara mereka yang merasa frustasi, marah, kecewa, lelah dan sedih atas hal yang dialaminya. Campuran emosi Anda mulai terasa rawan dan tidak terkendali dimasa sulit tersebut.

Menurut Jessica Zucker, Ph.D., seorang psikolog di Los Angeles, mengatakan “kita terbiasa berpikir bahwa jika kita berusaha cukup keras untuk sesuatu, kita bisa mencapainya, tapi sayangnya itu tidak selalu terjadi pada kehamilan”. “Setiap perempuan berbeda dan setiap situasi itu unik”. Menurut Alexis Melnick, seorang dokter kandungan di New York.

Penyebab Wanita Sulit Untuk Hamil

hamil

Ada banyak alasan yang menjadi penyebab mengapa seseorang mungkin tidak bisa hamil. Ada yang dari medis dan yang lain dari lingkungan. Kabar baiknya adalah banyak kondisi seperti itu bisa diobati. Jika Anda berusia 30-an dan telah mencoba selama satu tahun atau lebih untuk hamil dan belum berhasil, atau Anda berusia 40-an dan telah enam bulan belum juga hamil, mungkin anda harus segera mewaspadai adanya masalah serius yang terjadi pada diri anda.

Jika anda ingin mengetahui apa saja yang  menjadi penyebab seorang wanita tidak bisa hamil walau sudah menikah sejak lama, simak penjelasannya dan apa penyebab sebenarnya yang menyebabkan semua itu bisa terjadi. Berikut penjelasannya:

1. Masalah Pada Vagina

Umumnya terjadi karena adanya sumbatan atau peradangan pada vagina, sehingga dapat menghambat penyampaian air mani dalam rahim Anda. Ada dua jenis sumbatan yang kerap terjadi. Yang pertama sumbatan psikogen atau disebut juga vaginismus atau disparenia. Kemudian sumbatan anatomik karena bawaan atau perolehan dari keturunan orang tua. Vaginitis atau radang pada vagina ini sangat banyak penyebabnya. Misalnya karena Kandida albikans atau Trikomonas, yaitu semacam kuman yang hidup di dalam vagina. Kuman ini dapat menghambat atau mempengaruhi gerak spermatozoa di dalam rahim wanita.

2. Kelainan Lendir Serviks (Mulut Rahim)

kanker-serviks

Serviks atau mulut rahim biasanya mengarah ke bawah belakang, sehingga berhadapan langsung dengan dinding belakang vagina. Nah, saluran mulut rahim ini dilapisi oleh lekukan-lekukan seperti kelenjar yang mengeluarkan sebuah lendir. Sebagian dari sel-sel epitelnya yang mempunyai silia (bulu getar) yang mengalirkan lendir mulut rahim ke vagina.

Bentuk seperti itu dapat menjamin penyampaian spermatozoa ke dalam kanalis servikalis (saluran mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dan rongga rahim) secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Nah, infertilitas yang berhubungan dengan faktor serviks ini disebabkan oleh adanya sumbatan pada saluran mulut pada rahim tadi.

“Terkadang lendirnya demikian kental sehingga menghambat penetrasi (masuknya) sperma. Dengan demikian maka sulit untuk terjadinya pembuahan.” Selain itu, bisa karena posisi serviks yang tidak lazim. Bisa juga dikarenakan kombinasi dari ketiga hal tadi. Kelainan anatomi pun sangat berperan dalam hal ini, yaitu adanya “polip serviks”, peradangan, atresia (cacat bawaan) dan lain-lain.

3. Endometriosis

Kram saat menstruasi tidak akan menghalangi Anda untuk hamil. Tapi kram parah adalah gejala “Endometriosis”, yang bisa menyebabkan infertilitas. “Gejala yang paling umum yang disebabkan dari kondisi ini terjadi saat lapisan rahim tumbuh di luar rahim, adalah periode yang menyakitkan,” kata Melnick. Gejala lainnya termasuk nyeri panggul kronis dan ketidaknyamanan saat bersenggama. Sekitar 10 persen peremuan menderita endometriosis dan sampai 50 persen dan perempuan tersebut akan mengalami masalah yaitu kesulitan untuk hamil.

4. Tidak Ada Ovulasi

Tidak adanya “Ovulasi” juga dapat menghambat peluang Anda untuk hamil. Ada beberapa pemicu anovulasi, termasuk sindrom ovarium polikistik (PCOS), suatu kondisi dimana ketidakseimbangan pada hormon estrogen dan progesteron. Pemicunya bisa dikarenakan mutasi genetik, disfungsi tiroid, hiperprolatinemia, kondisi hormonal dan olahraga yang berlebihan.

“Memahami penyebab anovulasi adalah kunci pengobatan,” kata Melnick. Dalam beberapa kasus, seperti disfungsi tiroid atau hiperprolaktinemia, masalah ini dapat anda atasi dengan pengobatan. Pada pasien lain mungkin memerlukan perawatan untuk meningkatkan kesuburan pada diri anda.

5. Tumor Jinak

Tumor jinak dapat menyebabkan kemandulan pada tubuh anda. Tumor yang berada di dalam rongga rahim, dapat menghambat implantasi atau pembuahan. Dua tes, “sonogram garam atau histerosalpingogram (HSG)”, kedua tes ini digunakan untuk mengevaluasi rongga uterus pada rahim anda. Tumor dalam rongga dapat diangkat dengan prosedur bedah, minimal invasif yang disebut “histeroskopi”. Bila tumornya termasuk dalam ukuran yang besar, terkadang memerlukan operasi kedua kali untuk pengobatan maksimalnya.

6. Kelainan Uterus (Rahim)

rahim

Adanya distorsi kavum uteri (rongga rahim) karena sinekia (perlengketan), mioma atau polip, peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim dapat mengganggu transportasi spermatozoa melalui uterus ini. Hormon prostaglandin dalam air mani juga memegang peranan penting dalam transportasi sperma ke dalam rahim. Jika jumlah prostaglandin dalam air mani ini kurang, maka hal itu dapat juga menjadi masalah infertilitas.

7. Kelainan Ovarium (Indung Telur)

Pada siklus ovarium yang normal, dari folikel-folikel akan jadi bibit ovum dan terjadilah ovalarsium. Apabila terdapat suatu gangguan pada ovarium seperti adanya tumor-tumor, kista endometriosis, maka bisa mengakibatkan terjadinya “anovulasi” (tidak terjadi ovulasi). Tentu saja dengan tidak terjadinya ovulasi ini juga merupakan faktor infertilitas. “Bagaimana mau terjadi kehamilan bila tak ada sel telurnya? Karena itulah harus dicari tahu penyebabnya,” ujar Hendy.

Tentunya, lanjut Hendy, jika diketahui penyebabnya, harus segera diambil tindakan. Misalnya karena tumor di ovarium, maka harus dilakukan tindakan operasi. Bila masalahnya terdapat pada endometrium, maka dilakukan biopsi endometrium dengan cara mikro kuret. Biasanya ini dilakukan pada hari ke-22 sesudah menstruasi.

8. Kerusakan Tuba Fallopi

endo

Kerusakan pada tubuh, pemblokiran lengkap dan parsial dan atau jaringan parut pada tabung, dapat diakibatkan oleh berbagai penyebab. Salah satu yang mungkin mengejutkan, IMS, terutama klamidia. Sekitar seperempat dari semua kasus infertilitas di A.S. berasal dari faktor tuba. Tes HSG juga dapat menentukan apakah tabung pada perut Anda tertutup atau terbuka. Pembedahan rekonstruksi tuba dapat memperbaiki tuba fallopi yang rusak. Pada untuk kasus yang lebih parahnya, IVF dapat membantu Anda untuk hamil.

9. Faktor dari Suami

Menurut Melnick, kesuburan pria adalah satu-satunya penyebab pada 20 persen pasangan tidak dapat memproduksi dan berkontribusi terhadap ketidaksuburan antara 30 sampai 40 persen. Sebelum Anda mencari jenis perawatan kesuburan yang ingin anda gunakan, Melnick merekomendasikan agar suami Anda mendapatkan analisis sperma untuk melihat apakah perenang kecilnya mampu menuju serviks, rahim dan saluran tuba. Jika tidak, inseminasi buatan dan IVF merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasinya.

10. Dari Asap Rokok

rokok

Selain kondisi medis, ada banyak faktor lingkungan yang bisa menurunkan kesempatan Anda untuk hamil, salah satunya adalah “Asap rokok”. Menurut Mark Payson,M.D., direktur praktik Pusat Pengobatan Reproduksi Colorado Virginia Utara, tembakau atau rokok adalah musuh lingkungan nomor satu dengan masalah kehamilan. “Ini tidak hanya menyebabkan penurunan kesuburan yang signifikan, tapi juga menyebabkan komplikasi pada kehamilan,” ucapnya.

11. Faktor Stres

Jauhilah stres jika Anda berencana untuk hamil. Hal itu dikarenakan stres kronis dapat memicu perubahan hormon yang mempengaruhi semua sistem organ. “Dalam beberapa kasus, stres akan menyebabkan seorang perempuan berhenti ovulasi sehingga periode haidnya berubah atau berhenti sama sekali,” ungkap Payson.

Melepaskan diri dari lingkungan kerja yang penuh dengan tekanan dan lebih fokus untuk menjadwalkan pre-babymoon untuk mendukung kehamilan bermanfaat bagi beberapa orang. Namun, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan, meditasi, yoga atau akupunktur untuk mengatasi stres.

Cara Untuk Mencapai Kehamilan

ibu dan anak

Terpenting, terlibatlah dalam aktivitas apa pun yang membuat Anda bersemangat, positif dan produktif, sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil. Terlalu fokus pada keinginan Anda untuk hamil sehingga melupakan hal lain hanya akan membuat Anda semakin tertekan. Untuk mengatasi masalah anda, kami juga memiliki beberapa cara agara membantu anda untuk mencapai kehamilan. Untuk itu simak beberapa caranya dibawah ini.

1. Tepat dalam menghitung masa kesuburan

Apabila anda berhubungan intim dalam keadaan subur, maka peluang untuk hamil akan semakin besar. Maka dari itu dalam menghitung masa kesuburan anda harus teliti dan lakukan hubungan suami istri lebih sering pada masa subur tersebut.

2. Mengatur waktu dan posisi saat bercinta

Posisi wanita dibawah (posisi misionaris) merupakan posisi yang efektif agar istri anda cepat hamil, karena sperma dapat mempunyai kesempatan lebih besar untuk mencapai indung telur. Anda harus mengatus siklus haid anda sekuran-kurangnya 6 bulan terakhir dan berhubungan secara teratur sebanyak 2-3x dalam seminggu.

3. Menjaga pola makan dan hidup sehat

Apabila anda ingin segera mendapatkan momongan, maka pola makan dan gaya hidup juga berpengaruh. Jauhi stress, rokok, alkohol dan obat obatan terlarang, dan mulai hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi cukup. Ada tiga nutrisi makanan sehat yang sangat penting untuk meningkatkan masa kesuburan dan kehamilan anda, yaitu Asam folat, Protein dan Vitamin E. Asam folat biasanya berbentuk tablet Folid Acid, untuk Protein dan Vitamin E berguna untuk menjaga hormon-hormon seperti Endokrin yang penting untukkesuburan wanita.

4. Kurangin Olahraga Berlebih

Olahraga-Berlebihan-Ancam-Kelancaran-Menstruasi

Jika anda adalah orang yang senang berolahraga, mungkin ada baiknya anda menguranginya dimasa kesuburan pada rahim anda. Mengapa? Hal itu disebabkan karena olahraga dapat merusak kesuburan seorang wanita.

5. Hindari stress

stress

Stress merupakan penyebab istri sulit untuk hamil. Terlebih saat mendekati masa menstruasi, wanita cenderung emosi, stress, dan mudah marah. Maka dari itu, untuk mengurangi stres pada diri anda, cobalah hindari pekerjaan yang terlalu membebani diri anda, dan cobalah berlibur dengan oasangan anda untuk mencari suasana baru dan meningkatkan produktifitas pada kesuburan diri anda.

Apapun masalah yang sedang anda hadapi dengan pasangan anda dalam kondisi ini, jangan pernah merasa putus asa, ingat selalu ada pengobatan dan solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Namun kita harus tetap berusaha, bersabar, dan berdoa. Dan memberikan keyakinan penuh jika anda pasti bisa hamil dan memiliki seorang buah hati sebagai pelengkap hidup keluarga anda. Semoga artikel ini bermanfaat.