Deretan Sayuran Hijau Yang Kaya Manfaat

Perubahan gaya hidup yang serba praktis dan instan memang mempermudah berbagai kegiatan yang kamu lakukan. Namun tanpa disadari, segala kemudahan ini juga turut menghadirkan permasalahan baru. Di antaranya berat badan yang semakin bertambah dan perut yang semakin membuncit karena kurangnya aktivitas pada diri kamu. Bahkan seringnya kamu mengkonsumsi makanan siap saji dan kurangnya memperhatikan makan sehat. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang terserang penyakit, bahkan penyakit yang menyerang bisa saja itu penyakit yang berbahaya. Untuk itu yuk, kenali makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan manfaat yang di incar dunia.

Sayuran Kaya Nutrisi

Dari segi kesehatan, sayuran memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Manfaat mengonsumsi sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi. Tetapi bukan itu saja, dengan mengonsumsi sayuran juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit tertentu, sebab kandungan sayuran berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Sebagian orang sering melupakan pentingnya untuk mengonsumsi sayuran hijau ini. Terlalu mengikuti gaya modern yang serba instan, membuat mereka melupakan akan khasiat makanan hijau ini (sayuran). Sayuran merupakan makanan yang dapat menyehatkan tubuh serta menambah energi dalam tubuh. Tahukah kamu penyakit apa yang dapat menyerang tubuh kamu ketika kurangnya kamu mengkonsumsi sayuran. Untuk itu mari kita baca.

Penyakit Datang Akibat Kurang Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran sebenarnya wajib kamu konsumsi setiap hari karena terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat menjaga tubuh bahkan merawat kecantikan kulit. Adapun beberapa penyakit yang dapat menyerang tubuh akibat kurangnya mengkonsumsi sayuran.

Rakhitis dan Scurvy

Ini adalah penyakit yang ditandai dengan rasa lemas, kurang darah, radang gusi, pendarahan pada kulit misalnya saja sariawan. Kekurangan sayuran bisa menyebabkan penyakit tersebut karena pada sayuran terkandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga tulang dan jaringan tetap kuat, serta menjaga pembentukan sel darah merah dan sistem saraf pusat. Tubuh juga tidak dapat berfungsi dengan benar kalau kekurangan vitamin dan mineral.

Penyakit Kardiovaskular

Ini adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, misalnya penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa muncul karena kurang makan sayur. Kurangnya mengkonsumsi sayuran bisa mengganggu keseimbangan kalium dan natium pada tubuh dan dapat meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi dan stroke.

Penyakit Kulit

Kurangnya makan sayur terutama serat, juga bisa bikin jamur didalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya tubuh rentan terkena penyakit kulit, seperti halnya jerawat dan ruam kulit. Nah, itulah beberapa penyakit yang dapat menyerang tubuh kalau kamu tidak mengkonsumsi sayuran dalam menu makanmu.

sayuran

Untuk itu ada baiknya kamu mengkonsumsi sayuran dari sekarang agar kesehatan tetap berada di tubuhmu, dan terhindar dari penyakit yang seperti dijelaskan diatas. Inilah deretan sayuran yang baik bagi tubuh dan wajib untuk kamu konsumsi

1. Bayam

bayam-350x300

Nah guys, kalo sayuran yang satu ini siapa yang tak mengenalnya. Sayuran berdaun hijau tua ini adalah termasuk sayuran yang banyak dikenal dan direkomendasikan diseluruh dunia. Bayam terutama dikenal sebagai sumber zat besi yang baik, dimana yang sangat penting untuk membentuk sel darah merah atau hemoglobin dan mengedarkan oiksigen keseluruh tubuh. Bayam juga kaya antiksidan dari vitmain seperti vitamin A, vitamin C dan antioksidan flavonoid, polifenolik seperti lutein, zeaxanthin dan betakaroten. Sementara itu ia juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi (menyediakan 47% dari kebutuhan harian per 100gr).

Vitamin B – kompleks seperti vitamin B6 (pyridoxine), thiamin (vitamin B – 1), riboflavin, folat dan niacin. (Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin, jika dikonsumsi ibu mengandung). Selain zat besi bayam juga mengandung mineral lain seperti kalium, mangan, magnesium, tembaga dan seng. Inilah mengapa dikatakan wajib untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

2. Brokoli

brokoli-300x258

Brokoli adalah sayuran yang paling bergizi di dunia. Selain banyak tersedia dimana-mana, juga mudah didapat dan harganya terjangkau. Brokoli mengandung nutrisi yang sangat lengkap, tinggi vitamin seperti vitamin C, vitamin A dan sumber yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini akan memodifikasi sinyal positif pada tingkat reseptor molekul dan membantu melindungi kita dari resiko kanker prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas dan kanker payudara. Sementara itu brokoli rendah kalori, banyak mengandung serat dan merupakan sumber mineral yang baik seperti kalsium, mangan, zat besi, magnesium, selenium, zinc dan fosfor .

Bukan itu saja, khasiat yang terdapat di brokoli dapat membangkitkan sistem kekebalan, melawan kanker, melawan penyakit jantung dan infeksi, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, memperkuat sistem sarap bagi ibu dan bayi serta membantu penderita depresi.

3. Brussel sprout

brussel-sprouts-300x183

Sayuran ini sama seperti kubis, hanya saja ukurannya yang terbilang lebih kecil. Meskipun kecil, namun inilah sayuran paling bergizi di dunia setelah brokoli. Selain bergizi tinggi, kubis brussel ini hanya menyediakan 45 kalori, namun mengandung 3,38 g protein, 3,80 g serat dan nol kolesterol. Sangat direkomendasikan bagi yang diet sehat untuk menurunkan berat badan. Terlepas dari itu semua, kubis brussel adalah gudangnya beberapa flavonoid anti – oksidan, seperti tiosianat, indoles, lutein, zea xanthin, sulforaphane dan isothiocyanate. Semuanya menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat, usus besar dan kanker endom. Begitu banyak khasiat pada sayuran ini.

4. Pare

pare-300x200 (1)

Pare ialah salah satu bahan makanan yang terkenal dengan rasa pahitnya yang begitu terasa. Pare ini mampu menghambat sel kanker yang terjadi pada organ Pankreas. Karena sayuran tersebut dapat memberikan pengaruh pada metabolisme glukosa yang ada pada kanker itu. Sayuran yang satu ini tak kalah hebatnya dengan sayuran diatas. Pare atau peria berkhasiat sebagai penurun panas, memperlancar ASI, obat cacing, batuk, luka bisulan, penambah nafsu makan, sakit nipas, sakit, terlambat haid, malaria, kencing nanah, sembelit dan lever.

5. Seledri

seledri-300x233

Seledri adalah sumber mineral yaitu kalsium, zat besi dan kalium. Selain mineral, seledri juga mengandung vitamin A dan C. Komponen aktif bernama phthalides dalam seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah. Seledri juga memiliki komponen aktif lain yaitu coumarin dan acetylenics yang bisa mencegah perkembangan sel kanker. Seledri berkhasiat menurunkan tekanan darah, penghenti pendarahan, karminatif, pembersih darah (detoks), anti kanker, anti kejang, menghentikan sel kanker, memperbaiki persendian tulang dan jaringan ikat serta menghambat pertumbuhan sel tumor.

Seperti dikatakan sebelumnya, sayuran memiliki antioksidan yang berguna juga untuk mencegah pertumbuhan kanker. Sayuran berwarna hijau gelap memiliki banyak fenolik flavonoid anti-oksidan dan mineral. Maka dari itu kamu diwajibkan setiap hari untuk mengkonsumsi sayuran pada menu makanmu.