Yuk, Lebih Dalam Mengenal Berbagai Suku Di Indonesia

Selain terkenal akan tanahnya yang subur, Indonesia juga terkenal akan ramah tamah terhadap turis asing. Selain itu, tahukah kamu keunikan yang terdapat di negeri tercinta kita ini? Yah, benar Indonesia terdapat beberapa agama yang dianut di dalam negeri ini, namun selain itu ada hal unik yang selalu mencerminkan Indonesia, yakni suku yang berbeda-beda.

Siapa sih yang nggak tahu bahwa Indonesia memiliki banyak suku didalamnya. Walaupun berbeda tapi warga Indonesia tetap satu. Nah, pastinya pengen tahukan suku apa saja sih yang terdapat di negara Indonesia ini. Untuk itu yuk, kita baca aja artikel yang ada dibawah ini.

Berbeda Suku Namun Tetap Satu

Yah, perbedaan inilah yang menyebabkan warga Indonesia tetap rukun dan bersatu. Saling menghormati satu sama lain, menghargai bahasa yang mereka punya (bahasa suku masing-masing). Yang paling terpenting suku-suku di Indonesia begitu unik sehingga banyak negara yang iri akan keragaman suku yang terdapat di Indonesia. Inilah beberapa suku yang ada di Indonesia.

1. Suku Batak, Sumatera Utara

batak

Suku yang mediami Provinsi Sumatera Utara yakni Batak Simalungun, Batak Karo, Batak PakPak, Batak Toba, Batak Angkola, Melayu, Nias, Maya-maya dan Batak Mandailing. Mengenai Suku Batak adalah sebuah tema kolektif dalam mengidentifikasikan dari banyak suku yang bermukim dan berasal dari Tapanuli serta Sumatera Utara. Suku bangsa yang digolongkan sebagai Batak yaitu Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing. Suku batak terkenal akan orangnya yang ‘Tegas’ dan tak luput dengan ciri khas suaranya yang keras.

2. Suku Aceh, Aceh

aceh-768x480

Mengenai Suku Aceh pada masa pra modern hidup dengan cara matrilokal dan komunal. Mereka tinggal di pemukiman yang disebut gampong. Persekutuan dari gampong-gampong membentuk mukim. Saat keemasan budaya Aceh dimulai pada abad ke-16, bersamaan kejayaan kerajaan Islam Aceh Darussalam, serta lalu menggapai puncaknya pada abad ke-17.

Orang Aceh biasanya dikenal sebagai pemegang teguh ajaran agama Islam serta sebagai pejuang militan dalam melawan penaklukan kolonial Portugis dan Belanda. Terdapat berbagai macam suku didalamnya seperti, Alas, Kluet, Aceh, Gayo, Melayu Tamiang, Devayan, Haloban, Sigulai, Singkil, Julu, Aneuk Jamee, Pulau dan Simelue.

3. Suku Minangkabau, Sumatera Barat

minangkabau

Nah-nah, siapa nih diantara kalian yang bersuku padang? Suku yang tinggal di Provinsi Sumatera Barat yaitu Minangkabau, Panyali, Caniago, Melayu dan Mentawai, Tanjung Kato Gusci dan Sikumbang. Mengenai Suku Minangkabau atau disingkat Minang menganut sistem kekerabatan matrilineal, serta identik dengan agama Islam.

Dalam penuturan awam, orang Minang kerap kali disamakan juga sebagai orang Padang yang mengacu pada nama ibu kota provinsi Sumatera Barat Kota Padang. Tetapi mereka umumnya bakal menyebut kelompoknya dengan sebutan urang awak, punya tujuan sama dengan orang Minang itu sendiri.

4. Suku Betawi, Dki Jakarta

betawi-768x513

Kalau suku yang satu ini, siapa sih yang nggak tahu. Kerap dijadikan sebagai bahasa pilihan disalah satu perfilman dan kini logat betawi begitu keren. Lihat saja banyak perfilman yang menggunakan bahasa betawi. Suku yang mendiami Provinsi DKI Jakarta yakni Jawa, betawi dan Sunda. Mengenai Suku Betawi yang mempunyai boneka jumbo yang di kenal dengan sebutan ondel-ondel. Ondel-ondel seperti aksesoris suku betawi saja. Tak ada ondel-ondel maka tak lengkap pula.

5. Suku Sunda, Jawa Barat

bandung-300x199

Terkenal dengan kembang desanya inilah suku Sunda (Bandung). Suku yang terdapat di Provinsi Jawa Barat yaitu Suku Sunda. Suku Sunda adalah etnis ke-2 paling besar di Indonesia, setelah suku Jawa. Suku Sunda yang terkenal dengan alat musik tradisionalnya yaitu angklung serta suku ini juga memiliki alat musik unik bernama Karinding.

6. Suku Madura, Jawa Timur

madura

Suku yang menghuni Provinsi Jawa Timur yaitu Madura, Tengger, Jawadan Osing. Mengenai Suku Madura merupakan etnis dengan populasinya yang besar dan tersebar di Indonesia, jumlahnya sekitar 20. 179. 356 juta jiwa (Sumber Data sensus thn 2014). Yah, suku yang satu ini terkenal dengan ciri khas mereka berbicara. Seperti halnya cara berbicara pelawak ternama yakni ‘Kadir’ Pastinya kalian tahu bukan.

7. Suku Bali

bali-300x214

Nah, untuk suku yang berada di pulau Dewata, suku ini menghuni provinsi Bali yaitu Bali Majapahit dan Bali Aga. Mengenai Suku Bali Aga salah satu subsuku bangsa Bali yang berasumsi mereka sebagai masyarakat Bali yang pribumi atau penduduk asli. Suku ini juga tak kalah menariknya dari suku-suku yang ada di Indonesia.

8. Suku Dani, Papua Barat

papua

Suku yang mendiami Provinsi Papua Barat yakni Arfak, Asmat, Mey Brat, Dani, serta Sentan. Suku Dani di kenal sejak beberapa ratus tahun lalu sebagai petani yang trampil serta sudah memakai perkakas/alat seperti kapak pisau, batu yang dibuat dari tulang binatang, bambu serta tombak yang dibuat memakai kayu galian yang terkenal sangat kuat dan berat. Yah, Papua masih terkenal dengan tradisi mereka dan jarang dari suku ini yang mengikuti hidup modern.

9. Suku Dayak, Kalbar

dayak-768x392

Suku yang menempati Provinsi Kalimantan Barat yakni Kayau, Dayak, Ulu Aer, Mbaluh, Manyuke, Punau, Melayu Pontianak serta Ngaju. Suku Dayak sesungguhnya mengacu pada penghuni pedalaman yang menempati Pulau Kalimantan secara keseluruhan. Yah, masih banyak yang berpendapatan bahwa suku dayak ini masih memiliki aura mistis. Seperti yang kita ketahui masih banyak suku-suku pedalaman yang masih bersikap tertutup dan belum mau untuk bersosial secara keseluruhan.

10. Suku Tiongha

tiongha-300x213

Nah, untuk suku yang satu ini, pastinya kalian sudah tahu banget kan. Suku tiongha terkenal dengan mata sipit mereka. Suku yang terkenal dengan menggunakan warna merah pada hari besarnya yakni ‘Imlek‘ dan bukan itu saja, tiongha begitu unik sehingga banyak masyarakat yang menggemari acara-acara mereka, seperti halnya permainan barongsai yang dipertunjukan saat hari Imlek saja.

Penyebab Rukunnya Suatu Bangsa Akan Perbedaan

Banyak negara lain yang heran akan kekompakan bangsa ini. Walaupun banyak Agama yang terdapat di Negara ini serta begitu banyak suku yang berbeda pula, namun bangsa ini tetap kokoh akan kedamaian satu sama lain. Inilah salah satu alasan yang membuat mereka tetap menyatu. 

  • Saling tolong menolong tanpa melihat ras ataupun suku tersebut.
  • Adanya sikap saling menghormati dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang hidup berdampingan tanpa melihat suku apa dilingkungannya tersebut.
  • Ikut serta dalam acara mereka, yah menghargai atas undangan keacara pesta ataupun sebuah pertunjukan yang menampilkan tarian ataupun pertunjukan adat lainnya.
  • Pastinya tidak mengejek adat suku lainnya (tidak menghina acara adat ataupun meremehkan suku yang mereka dapat dari nenek moyangnya), inilah penyebab utama mengapa Indonesia tetap aman dan damai walaupun terdapat berbeda suku.
  • Adanya hukum di negara ini, jika salah satu ada yang menghina dan menjelekan adat ataupun suku yang ada di Indonesia, maka jangan heran orang tersebut akan dikenai sangsi dan pastinya mendapat hukuman atas perbuatannya.

Sudah tahukan beberapa suku yang ada di Indonesia ini. Walupun belom semua suku yang disebutkan, namun itulah Indonesia. Negara kepulauan yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bukan sekedar kaya panorama alam nan hijau, namun juga kaya akan Suku Bangsa.