Mata Panda Bikin Kamu Gak Pede, Yuk Hilangkan Dengan Cara Ini

Memiliki mata panda atau dikenal juga dengan sebutan kantung mata yang hitam dan besar pastinya akan membuat penampilan kita terasa kurang menarik, apalagi jika kamu adalah wanita. Mata panda sebenarnya bukanlah masalah kesehatan yang serius dan membahayakan. Namun adanya kantung mata bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan waktu istirahat yang dapat menyebabkan masalah pada tubuh, misalnya kamu akan merasa lebih mudah lelah, bisa jadi pertanda tekanan darah rendah.

Apa penyebab timbulnya kantung mata Hitam?

Walaupun sudah banyak yang pernah mengalami mata panda, namun masih jarang yang mau menerapkan tips atau cara menghilangkan kantung mata secara cepat. Biasanya banyak yang hanya membiarkannya, karena banyak yang beranggapan jika nantinya masalah tersebut hilang sendiri. Dan biasanya banyak wanita yang menggunakan make up untuk menyamarkan mata panda.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya kantung mata. Namun salah satu faktor yang paling banyak dan paling sering kita jumpai ialah masalah kurangnya waktu tidur pada malam hari atau begadang. Seseorang yang sering mengalami kurang tidur, menurut para ahli akan memiliki hormon melanin lebih banyak.

Hormon inilah yang menjadi penyebab munculnya mata panda. Selain itu masih ada beberapa penyebab kantung mata, diantaranya menangis, faktor usia, terlalu lelah, anemia, dehidrasi, terapapar sinar matahari, alkolhol, merokok dan penggunan make yang terlalu tebal. Lantas bagaimana cara menghilangkan kantung mata itu ya? Sebenarnya ada banyak secara cara mengatasi kantung mata hitam yang bisa kamu coba.

Sebenarnya banyak sekali cara mengatasi kantung mata yang dapat kamu praktekkan sendiri dirumah. Seperti perawatan kecantikan di salon atau menggunakan produk-produk kecantikan. Namun ada cara alternatif untuk mengatasi mata panda secara alami menggunakan bahan-bahan disekitar kita. Seperti bengkoang, mentimun, es batu dan kentang.

Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan bahan-bahan ini juga sangat mudah, dilihat dari segi harga juga sangat murah. Walaupun cara mengatasi mata panda ini lebih lama, namun hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

1. Kompres dengan es batu

Pernahkah anda melihat olahraga tinju di televisi? Ya, Es batu sering kali digunakan oleh para petinju. Biasanya ketika waktu jeda, wajah si petinju akan dikompres dengan menggunakan waslap dingin yang telah dicelupkan di dalam air es. Setelah diteliti, ternyata sifat es yang dingin mampu memberikan kesegaran kulit. Dengan demikian, es batu terbukti cukup efektif untuk menghilangkan mata panda.

~Cara mengatasi kantung mata dengan es batu:

  • Siapkan es batu secukupnya
  • Ada 2 cara yang bisa dilakukan yakni megoleskan langsung dan menggunakan bantuan waslap
  • Apabila sudah cukup parah, kamu dapat mengoleskan es batu secara langsung.

2. Dengan masker kentang

Kentang banyak memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari masker ini adalah mampu mencegah adanya penuaan dini, mulai dari kerutan hingga kantung mata. Khasiat kentang satu ini dapat muncul karena dia mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut terbukti mampu mempercepat regerenasi sel-sel kulit yang baru.

~Cara menghilangkan kantung mata dengan kentang:

  • Kupas 1 buah kentang, kemudian haluskan
  • Masukan halusan tersebut kedalam kain tipis
  • Gunakan untuk mengompres selama 30 menit
  • Lakukan secara rutin sebelum tidur dan setelah bangun tidur pagi hari

3. Dengan masker bengkoang

Masker bengkoang diperkaya dengan kandungan vitamin C dan B1 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut cukup bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami. Namun selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami.

~Cara menghilangkan mata panda dengan bengkoang:

  • Haluskan 1 buah bengkoang yang sudah dikupas, kamu bisa memarutnya.
  • Gunakan halusan bengkoang tadi sebagai masker wajah selama 30 menit.
  • Tapi sebelum menggunakan pastikan wajah kamu bersih dari kotoran.
  • Diamkan sampai meresap, lalu bilas dengan air dingin.
  • Lakukan dengan rutin, agar kulit kamu pun akan lebih cerah berseri.

4. Kompres dengan kantung teh

Ada banyak sekali manfaat kantung teh yang bisa kamu rasakan dan ternyata kantung teh cukup bermanfaat untuk menghilangkan mata panda lho. Kandungan tanin yang ada dalam kantung teh mampu menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami. Dengan penggunaan rutin, mata kamu juga akan lebih segar.

~Cara menghilangkan kantung mata dengan kantung teh:

  • Siapkan dua kantung teh bekas (bisa teh biasa ataupun teh hijau).
  • Celupkan kantung teh kedalam air dingin selama 10 menitan.
  • Selanjutnya tempelkan kantung tadi ke area mata.
  • Diamkan selama 20 menitan, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

5. Dengan irisan mentimun

Mungkin cara yang satu ini sudah banyak orang yang tahu. Benar, dengan menempelkan irisan mentimun ke area mata maka kantung hitam pun akan hilang. Mentimun memiliki sifat astrigen yang mana berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit.

~Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan mentimun:

  • Iris mentimun segar dengan ketebalan 1 cm..
  • Sambil tiduran, tempelkan irisan tersebut masing-masing ke area mata.
  • Diamkan selama 30 menit dan rasakan hawa sejuknya.
  • Agar perawatan wajah lebih praktis, kamu bisa juga menggunakan mentimun sambil mengaplikasikan masker wajah alami.

6. Dengan minyak almond

Minyak almond memiliki kandungan mineral alami yang cukup legkap. Ada mineral alami kalsium, magnesium, asam folat, kolagen, dan masih banyak lagi. Kandungan kolagennya inilah yang mampu mengencangkan area sekitar mata. Sehingga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi mata panda.

Cara mengatasi kantung mata hitam dengan minyak almond:

  • Siapkan minyak almond secukupnya.
  • Setiap selesai mandi, oleskan minyak tersebut secara merata pada area mata.
  • Beri pijatan agar minyak meresap selama 10 menit, lalu diamkan hingga kering.
  • Bilas dengan air dingin/es sampai bersih.

7. Dengan minyak zaitun

Beberapa hari yang lalu saya baca-baca artikel tentang minyak zaitun, ternyata minyak ini sudah pernah digunakan oleh Ratu Mesir yang bernama Cleopatra untuk merawat kulit sehabis mandi. Terbukti dari minyak tersebut, beliau bisa memiliki kecantikan kulit yang tiada duanya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Kamu menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi kantung mata.

~Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun:

  • Setiap selesai mandi (baik pagi ataupun sore), oleskan minyak zaitun pada area mata selama 30 menit.
  • Jangan lupa beri pijatan lembut agar meresap dan bekerja optimal.

8. Menggunakan putih telur

Putih telur merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Kandungan protein memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan kulit, termasuk salah satunya mampu mengencangkan kulit secara alami. Dengan menggunakan putih telur ke area sekitar mata, maka kantung mata pun akan hilang dengan sangat mudah.

~Cara menghilangkan kantung mata dengan telur:

  • Kocok putih telur secukupnya sampai berbuih.
  • Oleskan putih telur tadi ke bagian kantung mata, jangan sampai terkena mata.
  • Pijat lembut selama 5 menit, lalu diamkan hingga 30 menitan.
  • Terakhir, bilas dengan air hangat sampai bersih.

9. Dengan sendok dingin (bukan garpu)

Menggunakan sendok dingin untuk menghilangkan kantung mata, mungkin terdengar cukup aneh. Namun percaya atau tidak cara ini cukup efektif. Sifat yang dingin dari sendok dapat membantuk merileksasi kulit pada bagian bawah mata.

Caranya rendam sendok dalam air es selama 15 menit, lalu tempelkan ke area mata sampai rasa dinginnya habis. Hanya dengan 2-3 penggunaan saja kantung mata kamu akan hilang sendiri.

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam (mata panda) dengan cara alami yang bisa kamu lakukan sendiri. Semoga bermanfaat ya.